Breaking News

Tahun 2018, MTsN Sila Targetkan Gelar UNBK

Kepala MTsN Sila, Bahtiar, S.Pd. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Kendati saat ini fasilitas penunjang yang tersedia minim, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima berencana melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2018 mendatang.

“Insya Allah kita rencanakan UNBK tahun depan. Tahun ini kita masih manual menggunakan kertas dan pensil karena komputer dan penunjang lain belum tersedia,” kata Kepala MTsN Sila, Bahtiar, S. Pd kepada Berita11.com di MTsN Sila, Rabu (3/5/2017).

Bahtiar menuturkan sesuai petunjuk teknis (Juknis) UNBK tahun 2017, alternatif bagi sekolah yang kekurangan dan tidak memiliki fasilitas bisa menumpang pada sekolah penyelenggara. Namun menurutnya, hal itu mesti seimbang dengan penerapan dalam KBM dan tingkat pemahaman siswa.

“Solusi memang bisa memakai fasilitas sekolah lain yang UNBK. Tapi tidak harus dipaksa. Jika dilihat dari pelajaran TIK di madrasah, siswa kita belum siap,” ujarnya.

Ia mengakui jika pelajaran TIK di madrasah, sebagian besar berupa teori. Sehingga bila UNBK dipaksakan, sangat berisiko bagi siswa. Meski demikian, menurut Bahtiar hasil Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tetap menjadi acuan seperti UNBK.

“Jadi itu masalahnya. Hal utama adalah karena belum kita programkan. Insya Allah kita akan melaksanakan itu di tahun 2018,” katanya.

Selain itu, kata dia, untuk mendukung UNBK perlu adanya inisiatif lebih dari siswa dan motivasi orang tua. Seperti mengadakan privat secara mandiri terkait penguasaan komputer. Supaya siswa lebih akrab dan tidak kaget saat berhadapan dengan UNBK.

Sementara itu, UNKP tahun ini diikuti oleh 93 siswa peserta yang dibagi dalam lima ruangan. Sesuai jadwal, UN tingkat SMP/MTs dilaksanakan pada 2 hingga 8 Mei 2017. 

Bahtiar berharap hingga hari terakhir pelaksanaan berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan lancar sampai akhir. Kalau naskahnya sudah kita periksa lebih dulu dan tidak ada masalah. Kita juga berharap seluruh siswa mengikuti UN sampai akhir,” katanya (ID)

No comments