Biar Emergency, Puskesmas Soromandi: No Way Pasien BPJS Luar Faskes!

Iklan Semua Halaman

.

Biar Emergency, Puskesmas Soromandi: No Way Pasien BPJS Luar Faskes!

Redaksi Berita11
Selasa, 20 Juni 2017
Loket Layanan Puskesmas Soromandi. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Ini pesan bagi pengguna “kartu sakti” Kartu Indonesia Sehat (KIS) peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Puskesmas Soromandi Kabupaten Bima menegaskan tidak akan melayani pasien terdaftar di luar fasilitas kesehatan (Faskes) pertama di Puskesmas setempat.

Meskipun wilayah Kota dan Kabupaten Bima merupakan cover area BPJS Kesehatan Bima, Puskesmas Soromandi tetap menolak pasien peserta JKN jika tidak mendaftarkan Puskesmas setempat sebagai Faskes pertama.

“Kalau kartunya Faskes pertamanya di luar Puskesmas sini maka tidak kami layani. Karena agar bisa menggunakan kartunya di sini harus mendaftarkan Faskes pertamanya di sini. Walaupun itu Faskes di kartunya di Puskesmas Bolo dan dekat, tetap kita tolak,” ujar Kepala Puskesmas Soromandi, Radiman kepada Berita11.com di Puskesmas Soromandi, Sabtu (17/6/2017) lalu.

Menurut Radiman, kebijakan Puskesmas Soromandi tersebut berdasarkan kebijakan BPJS yang menyaratkan bahwa Puskesmas hanya melayani pasien yang memiliki kartu yang mendaftarkan Faskes pertamanya Puskesmas setempat. “Itu sudah ketentuan dari BPJS memang. Jadi kalau Faskes pertamanya bukan Puskesmas sini kami tidak bisa layani,” ujar dia.

Kebijakan tersebut jelas Radiman juga berlaku untuk pasien kondisi emergency. Jika tidak pasien harus mendaftar di loket sebagai kategori umum.

Ia menegaskan bahwa kebijakan ini juga tetap berlaku meskipun pada sisi lain BPJS Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan penyederhanaan alur layanan bagi peserta JKN selama masa mudik dan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

Namun hal tersebut kemudian diklarifikasi oleh Radiman pada Selasa (20/6/2017). Ia menjelaskan bahwa Puskesmas Soromandi telah menerima scan surat imbauan kebijakan BPJS Kesehatan tentang pengecualian selama masa mudik dan lebaran. (US)