Cicilan Awal Dana Pilkada Kota Bima hanya Rp141 Juta

Iklan Semua Halaman

.

Cicilan Awal Dana Pilkada Kota Bima hanya Rp141 Juta

Kamis, 22 Juni 2017
Kepala BPKAD Kota Bima, Drs Zainuddin H Yunus. Foto Hamid

Kota Bima, Berita11.com— Pemerintah Kota Bima baru mencairkan Rp141 juta kepada KPU Kota Bima sebagai cicilan awal dana Pilkada Kota Bima tahun 2018. Pada tahun anggaran 2017 ini Pemerintah Kota Bima hanya mengakomodir Rp2 miliar dari total Rp19 miliar yang diajukan oleh KPU.

“Kalau terkait dengan NPHD dana Pilkada untuk KPU, kami baru menganggarkan sebesar dua miliar tahun 2017 dan uangnya sudah cair 141 juta lebih,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima, Zainuddin H. Yunus Kepada Berita11.com, di Kota Bima, Senin (19/6/2017).

Zainuddin menuturkan nominal yang dicairkan tersebut sesuai dengan NPHD yang diterbitkan saat pencairan anggaran. Untuk proses pencairan selanjutnya dilakukan secara bertahap dan disertai dengan penerbitan NPHD baru.

“Yang NPHD baru 141 juta, karena NPHD ini dibuat pada saat mau pencairan dana. Pada saat pengajuannya itu proposal yang kita pegang,” sambung dia.

Ia menjelaskan sesuai isi proposal yang diterima Pemerintah Kota Bima dari KPU, anggaran Rp2 miliar digunakan untuk membiayai tahap persiapan Pilkada Kota Bima tahun 2018. Untuk biaya tahap pelaksanaan akan diprioritaskan pada tahun anggaran 2018.

Selain itu, untuk meminimalisasi potensi penyimpangan penggunaan anggaran, Pemerintah Kota Bima mengacu pada format standar harga yang ditetapkan  sebagai komparasi. Sementara kebutuhan anggaran Panwaslu akan dibahas setelah terbentuk.

“Memang yang lebih tahu KPU, namun kita punya format, mana yang perlu dan mana yang tidak. Jadi anggarannya lebih efisien digunakan. Untuk Panwaslu kami belum tahu karena belum terbentuk,” katanya. (ID)