Danrem 162 Kunjungi Ponpes Usman Bin Affan Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Danrem 162 Kunjungi Ponpes Usman Bin Affan Dompu

Kamis, 08 Juni 2017
Rombongan Danrem 162 WB Menyerahkan Bantuan untuk Ponpes Usman Bin Affan di Desa O'o/ RUL



Dompu, Berita11.com— Danrem 162/Wira Bhakti, Kolonel Infantri Farid Maaruf MA dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 162/Wira Bhakti dan rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Usman Bin Affan Desa O'o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.  Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Safari Ramadhan Korem 162/Wira Bhakti tahun 2017.

Rombongan Danrem 162 Wira Bhakti didampingi langsung Komandan Distrik Militer (Dandim)1614/ Dompu, Letkol Czi Arief Hadiyanto S.Ip . rombangan kemudian  disambut ramah Ketua Yayasan Pondok Pesantren Usman Bin Affan, Ketua Pondok Pesantren Usman Bin Affan dan para santri dan pengajar.

Ketua Pondok Pesantren Usman Bin Affan Desa O'oKabupaten Dompu, H. Syamsudin Abdullah M.Pd, mengatakan pihaknya sangat bangga dan bersyukur atas kehadiran Danrem 162/Wira Bhakti di Ponpes setempat.

“Mudah-mudahan kehadiran bapak (Danrem) akan senantiasa memperkuat rasa solidaritas, kekeluargaan, kebersamaan dan rasa senasib dan sepenanggulangan yang seperti pernah yang ditunjukan oleh para defander atau leluhur kita yang sudah membebaskan negeri ini dari penjajah,” harapnya.

Menurut Syamsudin, keberhasilan TNI membasmi penjajah pada zaman perang tidak terlepas dari peranan pondok pesantren yang selalu memberikan dukungan dan kontribusi lahir batin. Sehingga TNI pada saat itu mampu memberikan kekuatan lahir dan batin untuk mengusir para penjajah.

"Kemerdekaan yang mampu kita raih dulu berkat kebersamaan dan kerjasama antara TNI dengan para pimpinan lembaga pondok pesantren, ulama dan pejuang pejuang TNI maupun lainya. Berangkat dari bukti itu,  maka tidak heran kenapa Danrem pada hari ini dengan sepenuh dan setulus hati hadir di Dompu dan mengujungi pondok pesantren ini,” katanya.

Syamsudin mengatakan pondok pesantren merupakan suatu wadah dan benteng yang pertama untuk menjaga akidah, kesucian dari pada genarasi-generasi yang hari ini telah banyak terisolir dan terkontaminasi berbagai macam kepentingan-kepentingan perusakan moral. 

“Tidak sedikit genarasi genarasi di Indonesia ini yang setiap saat telah menjadi korban Narkoba,  minuman keras dan kejahatan-kejahatan yang lain,” jelasnya.

Syamsudin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Danrem 162 wira bhakti bersama rombongan yang telah berkenan hadir dan bersilaturahmi di Ponpes setempat.

“Kehadiran bapak (Danrem)  bersama rombongan telah memberikan satu nilai rasa kebersamaan dan sebuah penghargaan dari kami selaku jajaran pondok pesantren Usman Bin Affan,”  tuturnya.

Sementara Komandan Korem (Danrem) 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf. Farid Makruf, MA , mengatakan bahwa kehadiranya bersama rombongan dalam rangka melaksanakan silaturahmi yang dirangkaikan  safari Ramadhan.

“Saya baru saja balik dari Bima melakukan kegiatan safari Ramadhn tadi di Bima dan sekarang kegiatan safari Ramadhan saya lanjutkan di Dompu, " ujarnya kemarin.

Disebutkannya,  safari Ramadan ini dilakukan dengan cara mengunjungi sejumlah pondok pesantren di  Sumbawa, Bima dan Dompu. “Selama di Mataram tepatnya sebelum puasa saya sering mengujungi berbagai pondok pesantren yang ada di Lombok (Mataram),” jelasnya.

Farid mengaku sangat senang bisa mengunjungi bergai pondok pesantren. Hal itu, kata dia, karena ketika masa kecil  pernah pesantren.

“Saya sangat setuju kalau pesantren dikatakan adalah benteng pertahanan dari segala bentuk kekufuran. Saya sangat bangga dan hormat dengan para ulama, kiyai yang berkenan memberikan ilmunya kepada anak-anak santri,” ungkap Farid.

Diakuinya, peran para ulama, ustaz dan tuan guru sangat membantu para generasi dalam mengenal ilmu agama Islam.

“Peranan orang-orang inilah sehingga anak-anak kita bisa mengerti dan tahu bagaimana cara beribadah yang baik, mengenal apa itu Al-Qur'an dan bagaimana menjalankan syariah sesuai dengan ajaran nabi besar kita Rasullullah SAW mempertahankan agama Islam," katanya.

Setelah menyampaikan sambutan, Danrem 162/Wira Bhakti langsung menyerahkan bantuan berupa beras, gula, supermi dan sejumlah jenis bantuan lain secara simbolis kepada pengurus Ponpes Usman Bin Affan.  Pada kesempatan yang sama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 162/Wira Bhakti didampingi Ketua Persit Koorcab Kodim 1614/Dompu  juga memberikan bantuan uang kepada para santri di Ponpes setempat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan shalat ashar bersama di Masjid Desa O'o Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.(RUL)