Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima Tata Perpus Sekolah

Iklan Semua Halaman

.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima Tata Perpus Sekolah

Kamis, 08 Juni 2017
Kunjungan Tim DPAD Kota Bima di Perpustakaan SDN 56 Kota Bima. Foto Nas Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Petugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima melakukan pendampingan terhadap penataan perpustakanaan sejumlah sekolah di Kota Bima. petugas dibagi dalam empat tim yang melaksanakan pendampingan secara langsung.

Salah satu sekolah di wilayah Barat Kota Bima yang didampingi yaitu perpusatakaan SDN 56 Kota Bima di lingkungan Tolobali Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat yang sempat direndam banjir beberapa bulan lalu.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Hj Siti Jubaidah, S.Sos mengatakan, pendampingan terhadap sekolah dilakukan agar kegiatan layanan di perpustakaan sekolah maksimal. Karena umumnya perpustakaan sekolah belum dikelola secara tepat sesuai kaidah perpustakaan.

“Kami turun lebih kurang sebulan mengelilingi beberapa sekolah di Kota Bima. kami dibagi dalam empat tim,” ujar Jubaidah saat melaksanakan visitasi di perpustakaan SDN 56 Kota Bima, Selasa (6/6/2017) lalu.

Saat kunjungan di Perpustakaan SDN 56 Kota Bima, tim Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima memberikan catatan untuk petugas perpustakaan di sekolah setempat tentang layanan yang mesti dibenahi yaitu petugas perpustakaan sekolah harus segera membuat buku administrasi termasuk untuk daftar peminjam buku, nomor punggung buku dan label.

Secara umum, kondisi Perustakaan SDN 56 Kota Bima belum tertata dengan baik, terutama dari sisi administrasi dan kelengkapan sarana pendukung seperti kursi dan meja yang belum tersedia. Selain itu, sebagian buku belum dikelompokan dalam katalog khusus. 

Perpustakaan sekolah setempat juga belum lemari khusus atau rak khusus untuk tempat penyimpanan yang aman ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti yang terjadi beberapa bulan lalu di Kota Bima.

Saat banjir akhir Desember 2016 lalu, Perpustakaan SDN 56 Kota Bima terencam hingga lebih dari satu meter. Beberapa  buku di perpustakaan terendam banjir. (US/*)