HMI Cabang Dompu Selaraskan Gerakan dengan Falsafah Pancasila

Iklan Semua Halaman

.

HMI Cabang Dompu Selaraskan Gerakan dengan Falsafah Pancasila

Sabtu, 03 Juni 2017
Ilustrasi

Dompu, Berita11.com— Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu akan menyelaraskan setiap gerakan dengan nilai-nilai dan falasafah Pancasila yang hingga kini merupakan kiblat ideologi bangsa Indonesia.

Ketua HMI Cabang Dompu, Slamat Abadi Sentosa menghimbau agar setiap elemen membangun kesadaran diri dengan mengaktulisasi setiap yang terkandung dalam Pancasila. Ideologi tersebut harus diterapkan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah gempuran paham dunia.

“Mari kita tetap menjaga keamanan dan kondusifitas daerah di tengah persoalan yang dihadapi oleh bumi Nggahi Rawi Pahu yang kita cintai ini,” ajaknya.

Momentum hari lahir Pancasila, 1 Juni 2017 memiliki refleksi bagi setiap rakyat Indonesia, yaitu spirit lama untuk selalu meneguhkan kebersamaan.

“Maka mesti dihayati bersama bahwa makna luhur dari sejarah dan proses yang dilewati tersebut di atas bahwa kita sebagai generasi penerus perlu menaruh rasa hormat dan bangga terhadap para pendahulu pendiri bangsa terutama yang tergabung dalam PPKI,” katanya.

Sejarah Pancasila dimulai dari proses perumusan 29 Mei 1945  hingga 1 Juni 1945 ketika tiga tokoh nasional Muhamad Amin, Mr.soepomo dan Ir.soekarno yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar negara.

Gagasan Bung Karno tentang dasar negara yang disampaikan depan sidang panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI) 1 Juni 1945 menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui sebagai dasar dan ideologi negara. (RUL)