Ingat! Ketua RT dan Kadus juga Punya Peran Wujudkan Keamanan Desa

Iklan Semua Halaman

.

Ingat! Ketua RT dan Kadus juga Punya Peran Wujudkan Keamanan Desa

Redaksi Berita11
Kamis, 22 Juni 2017
M Jafar Ibrahim. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Kepala Dusun (Kadus) di seluruh desa di Kabupaten Bima nyaris tak terdengar, setiap masalah gangguan Kamtibmas maupun konflik cenderung diserahkan kepala kepala desa (Kades). Hal ini diingatkan Kepala Desa Talabiu, M Jafar Ibrahim.

Ia meminta Ketua RT dan Kepala Dusun khususnya di desa setempat agar menunjukkan peran dalam mengantisipasi setiap permasalahan seperti benih-benih konflik. Penanganan masalah harus dimulai dari tingkat bawah.

“Jangan semuanya diserahkan ke Kades, lalu apa saja tugasnya Ketua RT, RW atau Kadus itu?” katanya di Talabiu, Rabu (21/6/2017).

Diisyaratkannya, Pemerintah Desa Talabiu ingin menggugah peran seluruh Ketua RT, RW dan Kadus dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi masing-masing. “Seharusnya setiap masalah itu harus dicarikan solusi dari tingkat bawah. Para Ketua RT harus cepat menangani sehingga tidak sampai meluas, bukan semata menyerahkan kepada Kades,” kata dia.

Menyoal situasi Kamtibmas pasca masalah antara warga Desa Talabiu dengan Desa Dadibou, Jafar memastikan bahwa tak ada masalah di desa setempat. Pemdes bersama pemerintah daerah dan aparat kepolisian sudah menfasilitasi masalah melalui berbagai upaya dan komunikasi. (US)