Jelang Arus Mudik, Polres Dompu Perketat Pengamanan

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Arus Mudik, Polres Dompu Perketat Pengamanan

Redaksi Berita11
Rabu, 14 Juni 2017
Suasana Pengamanan di Terimnal Dompu. Foto Tibratanews.

Dompu, Berita11.com— Menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, aparat Kepolisian Resor (Polres) Dompu akan memerketat pengamanan  sejumlah titik terminal di Dompu. Sedikitnya 301 personil gabungan akan mengamankan arus mudik dan pelaksanaan lebaran.

Kapolres Dompu, AKBP Jon Wesly Arianto, S.Ik menyebutkan 301 personil gabungan yang akan mengamankan arus mudik dan lebaran di Dompu yaitu aparat TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungna, Orari, Senkom dan Dinas Kesehatan.

“Operasi ini akan di laksanakan mulai tanggal 19 Juni sampai 4 Juli 2017. Kekuatan personil yang kami turunkan dalam operasi pengamanan kali ini yaitu sebanyak 301 personil gabungan,” ujar Jon kepada wartawan di Dompu, Rabu (14/6/2017).

Operasi Rahmat Nia (Ketupat) dibagi pada tiga pos pengamann yaitu Pos Pam Kota, Terminal Ginte, dan Cabang Banggo Manggalewa. Tiga pos tersebut terdiri dari pos pengamanan dan pelayanan.

“Pos pelayanan itu ada di terminal Ginte dan pos pengamanan Manggelewa. Sementara untuk Pos Pam ada di wilayah kota,” terangnya.

Untuk pengamanan di objek wisata, Polres Dompu akan menerapkan pengamanan secara mobile dan patroli.  “Saat aktivitas masyarakat diperkirakan melonjak, maka kita akan mendirikan pos pengamanan secara mobile berupa tenda. Di lokasi itu juga terdapat seluruh pasukan dari berbagai pihak untuk mengamankan obyek wisata tersebut,” katanya.
Jon mengimbau masyarakat yang hendak melaksanakan mudik lebaran agar memastikan rumah dan barang  dalam kondisi aman.

“Sebelum berangkat mudik masyarakat diharapkan agar memeriksa dan memastikan terlebih dahulu rumah, listrik dan kompor dalam keadaan aman, sehingga nantinya tidak menimbulkan kejadian kebakaran. Demikian barang  berharga dititipkan di tempat – tempat yang aman seperti bank ataupun kantor polisi,” imbaunya.

Jon berharap masyarakat Dompu menaati peraturan berlalu litnas agar mudik berlangsung lancar dan selamat hingga tujuan dan kembali dalam keadaan selamat.

“Monitor perkembangan situasi-situasi melalui media agar untuk mengetahui dimana saja daerah-daerah yang rawan macet dan bajir. Sehingga para pemudik mendapat informasi yang akurat. Apa bila pemudik ingin hendak istirahat sejenak, kami juga menyediakan Pos Pam yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik,” tandasnya. (RUL)