Kapolres Dompu: Jika Blokade Jalan Pasti Ditindak!

Iklan Semua Halaman

.

Kapolres Dompu: Jika Blokade Jalan Pasti Ditindak!

Redaksi Berita11
Kamis, 08 Juni 2017
AKBP Jon Wesly Arianto/ Foto Syahrul Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Ini peringatan bagi massa yang selama ini “doyan” memblokade jalan raya. Kepala Kepolisian Resor Dompu, AKBP Jon Wesly Arianto, S.IK mengisyaratkan akan menindak tegas setiap aksi penutupan ruas jalan.

Hal tersebut isyarat Jon menindaklanjuti surat edara atau maklumat  Nomor : Max/I/VI/2017 tanggal 2 Juni 2017 Tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum yang dikeluarkan oleh Kapolda NTB, Brigadir Jendral Polisi Drs. Firli M. Si.

“Kami akan menidak tegas apabila ada masyarakat atau siapapun yang melakukan aksi blokir jalan,” isyarat Jon, usai kegiatan buka puasa bersama di Pendopo Bupati Dompu, Selasa (6/6/2017).

Menurut Jon, sebelum surat maklumat itu keluar, pihak Polres Dompu juga tetap menindak tegas aksi blokade jalan raya. Karena pertimbangan berdampak terhadap lalu lintas masyarakat umum.  

“Untuk diketahui bahwa aksi memblokir jalan sangat mengganggu ketertiban umum,” ujarnya. 

Dikatakannya,  selama ini Polres Dompu sudah melakukan sosialisasi dan berbagai pola pendekatan  agar masyarakat tidak melakukan aksi blokade jalan. Imbauan itu juga mencakup agar masyarakat memerhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku jika hendak menyampaikan aspirasi di depan umum.

“Dalam Undang - Undang Nomor 9 Tahun 1998 sudah jelas tertuang seperti apa cara menyampaikan aspirasi dan pendapat,” katanya.

Kapolres mengimbau seluruh masyarakat Dompu dan seluruh pihak lainya tidak melakukan aksi blokade jalan.

“Apabila aksi itu terjadi, kami tidak segan-segan akan melakukan upaya buka paksa, dan siapapun yang melakukan blokir jalan akan berurusan dengan hukum," tandasnya. (RUL)