Korban Lakalantas Didominasi Usia Produktif

Iklan Semua Halaman

.

Korban Lakalantas Didominasi Usia Produktif

Sabtu, 10 Juni 2017
AKP I Made Hendra A, SH, S.Ik. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Korban tewas Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kota Bima masih didominasi kaum muda. Berdasarkan catatan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bima Kota dari 14 kasus kecelakaan maut tahun 2017 didominasi oleh usia produktif.

“Korban yang meninggal dunia hingga Mei, itu rata-rata dialami oleh anak-anak pada usia antara 15 sampai 20 tahun. Lebih khususnya masih duduk di bangku sekolah” jelas Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota, AKP I Made Hendra A. SH., S.Ik kepada Berita11.com, di Polres Bima Kota, Jumat (9/6/2017).

Ia mengatakan, umumnya korban meninggal akibat benturan keras bagian kepala karena tidak menggunakan helm sebagai pelindung kepala. Menurutnya hal itu menjadi indikasi bahwa masyarakat belum menyadari keselamatan dalam berkendara. Sebab penting bagi pengguna jalan, terutama  kendaraan roda dua wajib memakai helm.

“Tidak mengenakan helm fatal akibatnya. Ini menunjukkan kita di Kota Bima kesadaran berkendara dengan aman masih rendah,” ujarnya.

Untuk menekan angka lakalantas, Made mengisyatkan Satuan Lalu Lintas akan mengarahkan setiap operasi melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal.

Ia menambahkan di Kota Bima telah dibentuk Forum Keselamatan Berlalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berperan meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara.

“Forum juga akan berbarengan dengan kita memantau dan menindak potensi kecelakaan di jalan. Hal lain yang kami lakukan adalah mengedukasi pelajar dengan mengunjungi sekolah-sekolah,” katanya. (ID)