Pemudik Jalur Laut Naik Lima Persen

Iklan Semua Halaman

.

Pemudik Jalur Laut Naik Lima Persen

Kamis, 22 Juni 2017
Kepala Pelni Cabang Bima, Adluwiyanto. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Cabang Bima memperkirakan peningkatan jumlah pengguna kapal laut selama mudik lebaran 2017 meningkat lima persen atau meningkat dari 8-9 juta pengguna.

“Kenaikannya nanti mungkin lima persen. Itu dilihat dari jumlah tahun lalu. Jadi kami prediksi seperti kemarin,” kata Kepala PT Pelni Cabang Bima, Adluwiyanto kepada Berita11.com di Kantornya, Senin (19/6/2017).

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang disumbang oleh mahasiswa dan para perantau di daerah Makassar dan Kalimantan. Meski demikian, kapal yang beroperasi mengalami pengurangan karena diperbantukan untuk wilayah Jawa dan sekitar.

“Normalnya enam kapal, tapi kita kurangi jadi lima karena dibantu untuk kebutuhan di daerah Jawa,” ujarnya.

Untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran arus mudik, para pihak terkait telah membentuk tim posko angkutan lebaran tahun 2017 yang melibatkan KSOP, KP3 dan pihak PT Pelni. Posko telah dibuka sejak H-10 dan berakhir pada H+10 lebaran.

“Mereka yang bekerja memastikan standar pelayaran. Menjaga pelayaran tetap aman sampai tujuan. Karena risak sedikit penumpang yang memaksakan kehendaknya yang tidak sesuai SOP,” katanya. (ID)