Puskesmas Soromandi Siap Menghadapi Akreditasi

Iklan Semua Halaman

.

Puskesmas Soromandi Siap Menghadapi Akreditasi

Redaksi Berita11
Rabu, 21 Juni 2017
Suasana Pelayanan Puskesmas Soromandi. Foto Hamid Berita11.com

Bima, Berita11.com— Berbagai pembenahan terus dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Soromandi Kabupaten Bima terus untuk mengoptimlkan pelayanan terhadap masyarakat. Unit layanan setempat siap menghadapi akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Isyarat tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Soromandi, Radiman kepada Berita11.com. “Landasan pelayanan kami sekarang ini semuanya harus sesuai SOP. Misalnya petugas piket malam, juga harus menggunakan seragam putih,” ujar Radiman di Puskesmas Soromandi, Rabu (21/6/2017).

Radiman menyebut, beberapa jenis layanan yang sudah dibenahi Puskesmas setempat yaitu standar laboratorium dan pelayanan pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang mengikuti standar seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).
“Semua harus sesuai SOP, laboratorium juga sudah saya ubah demikian juga layanan IGD. 
Mobil langsung masuk ke dalam. Jadi pasien itu tidak dibiarkan berjalan,” katanya.

Secara umum, banyak perubahan signifikan layanan Puskesmas Soromandi terutama pada bagian IGD dan jenis layanan lain. Sebagai wujud transparansi layanan, Puskesmas setempat juga menyiapkan papan informasi tentang tarif layanan dan berbagai prosedurnya (SOP).

Pada sisi lain kata Radiman Puskesmas Soromandi juga berkomitmen mempertahankan kebersihan tiap sudut ruangan dan fasilitas layanan. Bahkan unit ini juga menyiapkan penampungan khusus untuk limbah alat kesehatan. 

“Kami juga mendorong partisipasi masyarakat dan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas layanan dan dukungan terhadap masalah kesehatan,” pungkas Radiman. (US)