Sejumlah Sekolah di Kota Bima Respon Positif Program Visit Perpustakaan

Iklan Semua Halaman

.

Sejumlah Sekolah di Kota Bima Respon Positif Program Visit Perpustakaan

Kamis, 08 Juni 2017
Kegiatan Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah Kota Bima.



Kota Bima, Berita11.com— Sejumlah sekolah di Kota Bima merespon positif program visi perpustakaan yang sudah beberapa tahun dilaksanakan Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah (DPAP) Kota Bima. program tersebut diharapkan berlanjut dan ditunjang mobil antar jemput yang memadai.

Kepala SDN 1 Melayu Kota Bima, Suparman Abdul Hamid, S.Pd mengatakan,  program visit perpusataan Kota Bima secara langsung dapat menigkatkan budaya literasi. Sejak beberapa bulan lalu, siswa di sekolah setempat secara rutin diarahkan berkunjung ke Perpustakaan Kota Bima sesuai jadwal yang diatur DPAP.

“Kami sangat merespon positif apa yang sudah dijadwalkan oleh Dinas Perpustakaan. Karena itu sangat membantu kami dalam mendorong budaya literasi, mendorong siswa agar hobi membaca dan mengekploitasi kemampuannya membuat ringkasan dan tulisan,” ujar Suparman kepada Berita11.com di SDN 1 Melayu, Selasa (6/6/2017).

Menurut mantan Kepala SDN 2 Kota Bima ini, tak semua bahan baca tersedia di perpustakaan sekolah, sehingga kegiatan visitasi atau kunjungan merupakan program yang tepat. Pada sisi lain siswa bisa merasakan suasana yang berbeda sehingga dapat merangsang hobi belajar atau membaca.

“Harapan kami agar mobil pendukung, mobil antar jemput selalu tersedia. Kalau siswa kami sangat antusias berkunjung ke perpustakaan Kota Bima,” ujarnya.

Diakui Suparman, selain mengikuti program kunjungan ke Perpustakaan Kota Bima, sejak beberapa bulan lalu SDN 1 Melayu juga rutin melaksanakan budaya literasi setiap pekan.
Respon positif juga disampaikan oleh Kepala SDN 56 Kota Bima, Abdul Latif, S.Pd. 

“Ini program yang bagus, siswa kami juga telah mengikuti program ini berkunjung ke Perpustakaan Kota Bima. Hanya saja perlu ditunjang mobil antar jemput, kesulitan kami kalau tidak ada mobil antar jemput, sebenarnya siswa selalu ingin berkunjung,” katanya.

Menurut Abdul Latif, kegiatan kunjungan ke Perpustakaan Kota Bima secara langsung dapat meningkatkan gairah membaca sejumlah siswa. Program tersebut harus didukung oleh pemerintah daerah di tengah upaya mendorong angka literasi. (US/*)