Breaking News

Anjangsana Satgas TMMD Kodim 1614/ Dompu Direspon Positif

Kegiatan Fisik, Pengerasan Jalan di Kecamatan Pekat.

Dompu, Berita11.com—TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di wilayah Kodim 1614/ Dompu tak hanya menyasar program fisik seperti pembangunan sarana ibadah. Namun lebih dari itu, Satgas TMMD melaksankaan program anjangsana di setiap desa sasaran di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Kegiatan tersebut direspon positif sejumlah warga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Mereka menilai anjangsana semakin merekatkan hubungan rakyat dengan TNI. “Sangat bagus di tengah degradasi wawasan kebangsaan yang dihadapi oleh masyarakat kita hari ini terutama anak muda,” ujar Ahmad, warga Kecamatan Pekat.

Menurut pengajar di salah satu SMP di Kecamatan Pekat ini, wawasan kebangsaan yang getol disosialisasikan oleh Satgas TMMD dapat membangkitkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat dan rasa nasionalisme. Apalagi anak muda saat ini menghadapi berbagai tantangan deras informasi dan persoalan sosial seperti penyalahgunaan tramadol, sehingga tak heran muncul generasi apriori.

“Kegiatan gotong royong juga kami nilai sangat positif membangkitkan semangat kebersamaan. Masyarakat menjadi nyaman karena aparat hadir di tengah kebutuhan dan semangat yang mulai terkikis,” ujar Ahmad.

Warga lainnya, Yusuf berharap agar terbentuk jejaring kuat antar masyarakat dengan Satgas TMMD. Tak hanya selama kegiatan berlangsung. Namun juga pasca kegiatan itu nanti.

“Harus diperkuat forum yang tak hanya selama kegiatan TMMD berlangsung. Namun ada komunikasi lanjutkan,” ujar Yusuf.

Sementara itu, Komandan Koramil 1614-05 Pekat, Lettu Inf. Ibrahim, kegiatan anjangsana sudah berlangsung beberapa hari. Materi selama anjangsana umumnya tentang wawasan kebangsaan dan menyikapi persoalan terkini yang dihadapi masyarakat termasuk fenomena sosial.

“Dalam kegiatan ini para anggota masing –masing mendatangi dan berkumpul dengan masyarakat memberikan berbagai wawasan terutama mengenai wawasan kebanggasaan dan lain–lainya,” jelas Lettu Inf. Ibrahim katanya kepada Berita11.com, Kamis (13/7/2017).

Ibrahim menyebutkan, tujuan utama kegiatan anjangsana agar masyarakat  memiliki wawasan  menjaga stabilitas daerah terutama di wilayah masing–masing. Saat kegiatan anjangsana, Satgas TMMD juga menyisipkan materi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba dan tramadol. “Alhamdulillah, respon masyarakat dalam kegiatan ajangsana sangat baik,” terangnya.

Selama kegiatan anjangsana, banyak masyarakat yang mengajukan berbagai pertanyaan dan menyampaikan masukan. Hasilnya, semua pertanyaan dari masyarakat pun dijawab secara tuntas oleh anggota Satgas TMMD, sehingga masyarakat mengerti dan memahami setiap pertanyaan mereka.

“Dalam momentum seperti anjangsana inilah kuatnya kebersamaan antara satu sama lain. Bahkan di sela–sela kegiatan ini, tepatnya saat makan bersama terlihat jelas kegembiraan, canda dan cerianya masyarakat saat berkumpul dengan TNI,” kata Ibrahim.

Pada bagian lain, hingga Kamis (13/7/2017), progres kegiatan pekerjaan fisik rehab Mushala Mifhatul Jannah Desa Soritatanga sudah mencapai 45 Persen. Sementara pembukaan dan pengecoran jalan Desa Doro Peti mencapai 50 Persen. Rehab Mushala Desa Nangajara mencapai 45 Persen. Pembangunan Mushala Al jihad mencapai 40 persen dan Mushala itjihad Desa Beringin Jaya mencapai 45 persen. Sementara rehab Mushala Baitul Khair mencapai 40 persen dan Mushala Uswatun Hasanah Desa Pekat mencapai 35 persen. Rehab Masjid Abu Abul Jannah mencapai 40 persen dan Mushala Baitul Makmum Desa Calabai mencapai 40 persen.

Hampir sama dengan sejumlah mushala tersebut, progres rehab Mushala Sori Dei Desa Karombo juga mencapai 40 Porsen.  Mushala Ibadul Rahman Desa Kadindi Atas mencapai 40 persen. Rehab Mushala  Nurul Anwar mencapai 35 persen dan Nurul Huda Desa Kadindi Barat mencapai 35 persen dan rehab Mushala Istihadi Desa Sorinomo sudah mencapai 40 persen.

”Sementara pekerjaan rehab Mushala Al Amin mencapai 40 persen dan Nurul Iman mencapai 40 persen. Sedangkan pekerjaan Mushala Desa Siladarma sudah mencapai 40 Persen,” sebut Lettu Ibrahim. (RUL)

No comments