Breaking News

Desa Penapali Prioritaskan Belanja DDA pada Bidang Pembangunan

Sekretaris Desa Penapali Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Fahruddin.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Penapali Kecamatan Woha Kabupaten Bima memrioritaskan penggunaan Dana Dari APBN (ADD) sebesar Rp401 juta pada bidang pembangunan pemerintahan desa.

“Alokasi DDA tahap pertama lebih banyak kita pakai untuk program fisik. Dari total DDA yang kita terima Rp467 juta kita pakai Rp401 juta. Itu berdasarkan prioritas usulan masyarakat,” katanya kepada Berita11.com di Kantor Desa Penapali, Selasa (18/7/2017).

Ia menjelaskan program fisik prioritas yang dilaksanakan yakni pembangunan dan pemeliharaan gang desa. Pembangunan sarana jalan tersebut hampir dikerjakan pada tiap dusun. Selain itu, anggaran juga digunakan untuk merehabilitasi sarana ibadah.

“Pembangunan gang terdiri dari rehab total gang, talut, dan penimbunan gang. Sekarang sedang dikerjakan. Kalau saat musim hujan, gang selalu tergenang air. Jadi masyarakat minta dikerjakan tahun ini,” ujarnya.

Fahruddin menyebutkan total APBDes Penapali tahun 2017 sebanyak Rp1,3 miliar. Pada pencairan tahap pertama, anggaran yang telah diterima sekitar Rp500 juta bersumber dari DDA dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“ADD untuk gaji aparatur pemerintah desa sudah kita pakai. Semetara untuk membayar insentif guru ngaji, petugas masjid serta beberapa item lain bidang pemberdayaan dan pembinaan kita pakai sisa DDA," katanya. (ID)

No comments