Breaking News

Disnaker Kota Bima tak punya Pengawas Tenaga Kerja

Kepala Disnaker Kota Bima, Drs Jufri, M.Si. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Pengawasan tentang keselamatan dan kesehatan kerja serta seluruh hak-hak pekerja oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima belum maksimal karena hingga kini dinas setempat belum memiliki tenaga pengawas sendiri.

Hal tersebut diakui Kepala Disnaker Kota Bima, Drs Jufri, M.Si. satu tenaga pengawas tenaga kerja yang bertugas di Kota Bima merupakan tenaga pengawas milik Disnakertrans Provinsi NTB. “Kendala utama kita saat ini belum memiliki tenaga pengawas. Satu orang pun tidak ada kecuali tenaga dari provinsi,” ujar Jufri kepada Berita11.com di Disnaker, Jumat (28/7/2017).

Tenaga pengawas kerja adalah Aparatur Sipil Negara yang memiliki kompetensi khusus atau standar melaksanakan  pemantauan dan pengawasan terhadap implementasi regulasi yang telah ditetapkan pemerintah, termasuk tentang keselamatan dan kesehatan kerja serta berbagai hak-hak tenaga kerja.

Jufri tak menampik hingga kini banyak perusahaan nakal di Kota Bima yang sengaja tak melaksanakan kewajibannya terhadap karyawan. Hanya saja Disnaker terbentur pada data-data pendukung ataupun laporan.

Salah satu masalah pekerja di Kota Bima seperti persoalan yang dihadapi buruh pelabuhan Bima. sebagian buru ada yang melaksanakan pekerjaan borongan, diikat sebagai tenaga harian dan tenaga lepas. Mereka bekerja di bawah koordinator Ketua TKBM.

“Kita juga monitor di lapangan. Kendala utama kita sudah nggak punya pengawas. Kalau yang ada selama ini adalah pengawas Provinsi NTB,” katanya. (US/*)


No comments