Disnakertrans Provinsi NTB belum Simpulkan Masalah Buruh Tebu PT SMS

Iklan Semua Halaman

.

Disnakertrans Provinsi NTB belum Simpulkan Masalah Buruh Tebu PT SMS

Minggu, 09 Juli 2017
Jaitun saat Menyampaikan Keterangan kepada Wartawan. Foto US

Mataram, Berita11.com— Pengawas Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB sudah menghimpun data di lapangan terkait masalah buruh tebu PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) di Dompu. Hanya saja Disnaketrans belum menyimpulkan apakah terjadi pelanggaran HI atau tidak.

Kepala Seksi Perselisihan dan Perburuhan Disnakertrans Provinsi NTB, Jaitun, S.Sos mengatakan, sesuai data awal yang dihimpun pengawas Disnakertrans di lapangan. Persoalan ratusan buruh tebu PT SMS di Dompu yang terlantar berawal dari rekruitmen buruh oleh perusahaan melalui jasa pihak ketiga.

Baca Juga:

“Masalah yang di Dompu itu beravariasi, ternyata ada pihak ketiga yang rekrut yang rupanya adalah tidak kontrol (koordinasi) lagi dengan Pemerintah Kabupaten Dompu. Mestinya kalau gitu modelnya langsung saja perusahaan itu ini adalah job sekian, kirimkan saya orang sekian, gajinya sekian,” ujar Jaitun di Mataram, Sabtu (8/9/2017).

Jaitun mengisyaratkan, setelah tim Pengawas Disnakertrans selesai menghimpun data dan keterangan di Dompu, dinas akan mengevaluasi data itu sebelum menyimpulkan. “Kami sudah ke sana, dikunjungi pak Duha dan pengawas. Kalau kita akan evaluasi lagi hasil dengan pengawas. Tetap akan kita evaluasi lagi.  Hasilnya dari pengawas masih dipelajari,” kata Jaitun.

Seperti diketahui sebelumnya, ratusan buruh tebu di Dompu terlantar. Mereka bahkan sampai ke Bima untuk meminta bantuan agar dapat kembali ke daerah asal di Jawa. (US)