Breaking News

Gempa Guncang Bima, Warga Panik

Informasi Gempa pada Website BMKG.


Bima, Berita11.com— Gempa tektonik yang dirasakan dan teramati sekitar III skala Modified Mercalli Intensity (MMI) mengguncang Bima Provinsi NTB dan daerah sekitar, pukul 22.30 Wita. Akibatnya sejumlah warga panik dan lari keluar rumah.

Sebagian warga yang sedang tertidur pulas mengaku tidak merasakan getaran gempa, sedangkan warga yang masih terbangun langsung berhamburan keluar rumah. Getaran gempa hampir dirasakan sebagian banyak warga di Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Tadi baru tertidur, tapi-tiba ada gempa sehingga terbangun dan sontak lari keluar rumah,” ujar warga kompleks Tolotongga Kota Bima, Neneng Nurhasanah.

Neneng mengatakan, hampir seluruh warga kompleks setempat terjaga setelah gempa bumi mengguncang Kota Bima dan daerah sekitar. “Jadinya harus hati-hati kalau tidur malam ini. Kuatir gempa susulan,” ujar ibu tiga anak ini.

Warga lainnya, Faisal mengaku juga merasakan getaran gempa. Karena kaget sontak ia lari keluar rumah. “Tadi getarannya lumaya besar walaupun hanya sebentar. Mudah-mudahan tidak ada gempa susulan,” harapnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui lamannya mengumumkan magnitude gempa tektonik yang terjadi 5,0 Skala Ritcher, hiposentrum gempa yaitu pada koordinat 8.25 Lintang Selatan dan 119.23 Bujur Timur atau 58 kilometer TimurLaut Bima NTB. Kedalaman gempa 10 kilometer. Gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami. (US)

No comments