Breaking News

Ini Konstruksi APBDes Darussalam Tahap Pertama

Sosialisasi Pelaksanaan Program Desa Darussalam


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mensosialisasikan alokasi dan konstruksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahap pertama kepada masyarakat di Kantor Desa Darussalam, Jumat (14/7/2017).

Sekretaris Desa Darussalam Ibrahim Alfian, S. Pd menyampaikan pencairan anggaran tahap pertama APBDes tahun 2017 sebesar Rp491.881.670. Dana dari APBN (DDA) tersebut dibelanjakan untuk pelaksanaan bidang pembangunan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

"Semua usulan kita tampung dari semua. Namun, pengerjaan akan dilakukan bertahap. Ini akan berlanjut kita laksanakan, tidak bisa sekaligus karena pada anggaran tahap pertama sekitar 40 persen yang kita diterima," paparnya.

Ia menjelaskan alokasi anggaran bidang pembangunan desa sebesar Rp332 juta digulirkan untuk pembangunan dan pemeliharaan sarana dan infrastruktur. Secara rinci untuk jalan lingkungan desa Rp103 juta, saluran pembuangan air limbah (SPAL) Rp5 juta, sarana dan prasarana lingkungan desa Rp44 juta, saluran irigasi Rp16 juta, sarana ibadah Rp81 juta, penyediaan sanitasi secara stimulan Rp48 juta, normalisasi sungai Rp81 juta dan tanggul sungai Rp35 juta.

Sementara bidang pembinaan dan pemberdayaan meliputi pembiayaan pengembangan administrasi pelayanan informasi, penyediaan informasi desa berbasis website, pengadaan alat perikanan, pemberdayaan PKK, kepemudaan dan olahraga, jasa kader Posyandu, petugas masjid, penyediaan alat kesehatan, kelas gizi balita dan ibu hamil, sosialisasi kesehatan, penguatan kapasitas masyarakat serta kegiatan pemuda dan keagamaan senilai Rp160 juta.

"Semua yang saya sebutkan dikerjakan dari anggaran tahap pertama. Tim pelaksana kegiatan dan penerima akan kita buatkan surat keputusan. Kita juga telah menyediakan papan informasi yang akan dipasang pada tiap lokasi pembangunan,” katanya. (ID)

No comments