Kantor Bahasa NTB Tatar Kemampuan Jurnalis di Bima

Iklan Semua Halaman

.

Kantor Bahasa NTB Tatar Kemampuan Jurnalis di Bima

Redaksi Berita11
Kamis, 06 Juli 2017
Penyuluhan Bahasa Indonesia oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB di Museum Asi Mbojo, Kamis (6/7/2017)/ Hamid


Kota Bima, Berita11.com— Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong jurnalis di Bima untuk terus menigkatkan kemampuan Bahasa Iindonesia secara baik dan benar agar masyarakat bisa menangkap maksud pemeberitaan media. Untuk itu, Kantor Bahasa menatar sejumlah jurnalis di Bima.

“Kita harus menyajikan berita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terutama ejaannya, sehingga mendidik masyarakat,” kata Kepala Kantor Bahasa NTB, Dr. Syarifuddin, M. Hum saat menyampaiakn penyuluhan Bahasa Indonesia bagi pelaku media massa di Museum Asi Mbojo, Kota Bima, Kamis (6/7/2017).

Menurut Syarifuddin, ada tiga bahasa yang layak digunakan untuk bahasa media. Yaitu Bahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing. Untuk itu, wartawan perlu memiliki kemampuan  meracik ketiga bahasa tersebut menjadi sebuah berita yang menarik dan mengedukasi pembaca.

“Perlu dipahami ketiga bahasa yang disebutkan tadi merupakan bahasa yang kita pakai. Kombinasinya bisa menghasilkan berita yang berkualitas,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pelaku media dituntut harus mampu menguasai Bahasa indonesia sesuai ketentuan ejaan. Seperti tata tulis, tata bentuk kata, tata kalimat dan tata paragraf. Sehingga berita yang ditulis tidak membingungkan dan tidak menimbulkan interptestasi pembaca.

“Bahasa adalah media pemersatu bangsa. Tentunya dengan kaidah yang benar. Pelaku media harus mendorong masyarakat memakai dan menggunakan untuk berkomunikasi,” katanya. (ID)