Breaking News

Pelajar dan Guru SMK Beringin Antusias Disuluh Satgas TMMD

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang Dilaksanakan Satgas TMMD di SMK Beringin Jaya.


Dompu, Berita11.com— Sebanyak 90 siswa dan guru SMK Beringin Jaya Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu mengikuti penyuluhan tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1614/ Dompu.
Materi penyuluhan tentang wawasan kebangsaan disampaikan langsung oleh Komandan Koramil 1614-05/ Pekat, Lettu Inf. Ibrahim.

Lettu mengajak seluruh siswa agar menjauhi tramadol dan Narkoba karena dampak penyalahgunaan dua zat itu sangat berbahaya terhadap masa depan. Setiap pelajar juga harus menghindari menggambar tato di di badan dan tindik telinga. Karena akan merusak mental.

“Kita harus taat beribadah sesuai dengan agama kita masing-masing dan mensyukuri atas nikmat yang telah di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ingat Lettu Ibrahim kepada para pelajar dan para guru yang mengikuti sosialisasi.

Menurut Ibrahim, hingga kini sebagian orang masih memiliki perbedaan dalam jiwanya. Namun para pelajar dan seluruh pihak harus selalu mengingat bahwa menghormati perbedaan termasuk agama dan suku adalah upaya yang dapat menciptakan kekuatan bangsa.

Bagaimana pun Indonesia berdiri dari keberagaman. Meski heterogen, Indonesia menjadi bangsa yang kuat karena kebersamaan seluruh elemen dan rakyatnya, termasuk pelajar yang bisa saling menghormati perbedaan.

Lettu Ibrahim juga mengingatkan pelajar agar menjauhi perselisihan dan tidak membawa senjata tajam. Karena merupakan perbuatan yang melanggar hukum. “Jangan sampai gara-gara kita membawa senjata tajam, kita berurusan dengan pihak kepolisian atau pihak yang berwewenang,” ingatnya.

Seluruh pelajar juga diminta agar menghindari ugal-ugalan di jalan raya dan selalu menggunakan helm serta patuh terhadap seluruh ketentuan berlalulintas. “Kalau memiliki masalah jangan selesaikan sendiri. Kalau di dalam lingkungan sekolah sampaikan kepada guru,” katanya.

Penyuluhan tidak hanya bersifat satu arah. Para pelajar diberikan kesempatan bertanya tentang materi yang belum diketahui maupun tentang informasi umum. Saat sesi bertanya, pelajar kelas 1 SMK Beringin Jaya Kecamatan Pekat, Wayang Wardani menanyakan kepada anggota Satgas TMMD apakah siswi bisa mendaftar sebagai anggota TNI. Kemudian dijelaskan Komandan Koramil 1614-05/ Pekat, Lettu Inf. Ibrahim bahwa wanita bisa mendaftar sebagai anggota TNI, yang terpenting memiliki kesehatan yang prima dan kondisi fisik yang kuat. (RUL)
 

No comments