Program TMMD Wujudkan Mimpi Masyarakat Desa Tambora

Iklan Semua Halaman

.

Program TMMD Wujudkan Mimpi Masyarakat Desa Tambora

Rabu, 05 Juli 2017
Masyarakat Dusun Sila Darma dan Anggota Satgas TMMD ke-99 di Dompu Merampungkan Atap Mushala/ RUL

Dompu, Berita11.com— Mimpi masyarakat Dusun Sila Darma Desa Tambora Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu memiliki mushala yang layak akhirnya tercapai. Kini mushala tersebut sedang dibenahi Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/ Dompu.

“Mushala ini sedang dikerjakan oleh kami bersama masyarakat yang ada di dusun ini. Pekerjaan ini sudah berlangsung dua hari,” ujar Bhabinsa Desa Tambora Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Serda Sudarno kepada Berita11.com di Tambora,  Rabu (5/7/2017).

Sudarno menjelaskan, saat ini bangunan Mushala Nurul Iman Desa Tambora dalam tahap penyelesaian atap dan sejumlah item lain. Pondasi dan bangunan mushala sudah lama berdiri, dibangun dari dana swadaya masyarakat setempat.

“Melalui program TMMD ini kami TNI hadir untuk membantu menyelesaikan pembangunan mushala ini,” ujar Sudarno.

Selama proses pembangunan, masyarakat dan anggota Satgas TMMD saling membantu merampungkan bangunan. Selain Sudarno, setidaknya ada tiga anggota TNI yang ditugaskan untuk memastikan penyelesaian pembangunan Mushala Nurul Iman yaitu Serda Amrun dan Serda Saiful

“Alhamdulillah sampai hari ini pekerjaan pembangunan ini tetap berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” ujar Sudarno.

Setiap hari masyarakat Desa Tambora Kecamatan Pekat membagi tugas melaksanakan pembangunan mushala. Setiap hari 10 warga ditugaskan secara bergilir membantu pembangunan  

Kepala Dusun Sila Darma Desa Tambora Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Tamrin, mengaku bersyukur atas terpilihnya dusun setempat sebagai sasaran program TMMD ke-99 di wilayah Kodim 1614/ Dompu.

Dikatakannya dia, awalnya masyarakat setempat hanya mampu menyelesaikan pondasi dan sebagian dinding bangunan belum rampung. Dana swadaya yang dikumpulkan masyarakat belum mencukupi untuk merampungkan mushala.

“Awal pembangunan mushala ini hanya bersumber dari swadaya masyatakat dan pihak lain.Tapi apalah daya, sumber dana itu tidak mampu menyelesaikan pembangunan mushala. Namun setelah adanya program ini (TMMD) akhirnya pembangunan mushala bisa dilanjutkan melalui tangan–tangan para anggota TNI,” ujar Tamrin.

Menurut Tamrin, program TMMD ke-99 mampu membawa berbagai perubahan. Mewujudkan impian besar masyarakat Kecamatan Pekat terutama di Dusun Sila Darma Desa Tambora. Mushala merupakan impian besar masyarakat setempat yang merupakan mayoritas muslim.

“Terima kasih kepada TNI yang sudah berbuat banyak untuk rakyat. TNI tidak hanya  bertugas untuk menjaga keutuhan NKRI, tapi juga mereka dengan ikhlasnya mau membantu secara langsung meringankan beban masyarakat di sini,” katanya.

Tamrin mengungkapkan, mayoritas penduduk Dusun Sila Darma merupakan suku Sasak yang berasal dari Pulau Lombok. Sisanya merupakan warga dari ibukota Dompu dan Bima.

“Masyarakat di dusun ini sangat antusias dalam kegiatan keagamaan. Selain tidak pernah meninggalkan ibadah shalat. Khsusus anak-anak pelajar dan pemuda serta putri sering belajar mengaji,” ungkapnya.

Umumnya anak umur enam hingga tujuh tahun di dusun setempat sudah bisa mengaji dan menghafal Al Qur’an. Mereka juga  aktif mengikuti dan menjuarai sejumlah lomba seperti MTQ.

“Karena tidak ada mushala warga dusun kami terpaksa harus berjalan ke masjid untuk menjalankan ibadah dan mengaji yang lokasinya lumayan jauh dari dusun. Itulah alasan kenapa kami dari dulu sangat ingin memiliki mushla di dusun sendiri,” kata Tamrin.

Tamrin berharap keberadaan mushla yang sedang dirampungkan masyarakat dan anggota Satgas TMMD bisa menjadi pendukung mewujudkan mimpi anak-anak dan masyarakat Dusun Sila Darma meningkatkan kemampuan mengaji dan ketakwaan kepada Allah. (RUL)