Breaking News

Satgas TMMD ke-99 Kodim 1614/ Dompu Perkuat Wawasan Kebangsaan Siswa

Penyuluhan Wawasan Kebangsaan oleh Satgas TMMD di SMAN 3 Pekat Kabupaten Dompu.

Dompu, Berita11.com— Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1614/ Dompu terus melaksanakan berbagai kegiatan fisik dan penyuluhan. Senin (17/7/2017) pagi, Satgas menyuluh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Pekat Kabupaten Dompu.

Penyuluhan tentang wawasan kebangsaan disampaikan oleh Komandan Koramil 1614-05 Pekat, Lettu Inf. Ibrahim didampingi anggota Satgas TMMD, Serka Umar. Ratusan siswa dan guru antusias mengikuti kegiatan.

Menurut Lettu Ibrahim, seluruh pelajar yang masih di bangku SMA harus menghindari tindakan buruk, termasuk euforia saat merayakan kelulusan secara berlebihan. “Kami kecewa dengan sikap para siswa dan siswi yang merayakan kelulusan dengan cara cara 
yang tidak baik,” ungkap Ibrahim.

Dikatakannya, tindakan siswa yang euforia berlebihan saat merayakan kelulusan dengan cara konvoi dan ugal-ugalan di jalan sangat menganggu aktivitas masyarakat. Selain itu, tak mestinya dilakukan pelajar yang menjadi masa depan bangsa.

“Seharusnya kalau lulus, kita harus bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dalam mengikuti ujian nasional. Bukan malah melakukan hal hal yang tidak baik,” ingat dia.

Usai ujian nasional, pelajar sebaiknya menghindari aksi corat-coret seragam. Lebih baik baju dan celana disampungkan untuk pelajar lain yang tak mampu membeli seragam. Selain memperoleh pahala, sikap seperti itu juga akan meringankan beban pelajar lain yang membutuhkan seragam sekolah.

“Kita harus berpikir secara positif dan saling membantu antara satu sama lain,” ingatnya.

Ibrahim juga mengingatkan pelajar SMAN 3 Pekat Kabupaten Dompu agar selalu menghormati guru di sekolah. Karena tanpa guru semua orang tidak akan mampu maraih kesuksesan. “Maka itu, apapun ilmu yang diberikan oleh para guru di sekolah harus bisa dijadikan landasan untuk mencapai cita-cita,” katanya.

Perwira pertama ini, juga mengingatkan siswa agar tidak terjerumus aksi tawuran. Siswa juga harus menghindari membawa senjata tajam, minum minuman keras, tramadol dan Narkoba.

“Prilaku yang tidak baik hanya akan merugikan diri sendiri dan keluarga. Maka itu, jadilah generasi yang berguna untuk bangsa dan negara terutama bagi orang tua masing masing," paparnya.

Selain itu, siswa juga harus menyadari kemajemukan di Indonesia. Menghargai perbedaan suku, agama. Khusus pelajar muslim, harus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan melaksanakan shalat 5 waktu dan belajar mengaji.

"Negara kita ini beragam suku agama yang tidak dimiliki oleh negara negara lain. Maka hargailah perbedaan. Kita juga harus memahami dan mengerti makna dari pada isi Pancasila serta UUD 1945. Karena itu merupakan landasan hidup dalam kerangka kewargaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Ibrahim.

Pantuan Berita11.com, usai penyampaian materi tentang wawasan kebangsaan. Isi tas setiap siswa diperiksa oleh guru SMAN 3 Pekat dan anggota Satgas TMMD ke-99, Serka Umuar untuk memastikan tak ada siswa yang membawa senjata tajam maupun barang lain yang berbahaya.

Selain siswa dan guru, kegiatan penyuluhan juga diikuti oleh Kepala SMAN 3 Pekat. Kegiatan berlangsung aktif, karena siswa antusias menyimak setiap materi yang disampaikan Satgas TMMD ke-99 Kodim 1614/ Dompu. (RUL)


No comments