Breaking News

Soal Krisis Air, Pemdes Baka Jaya tak Berdaya

H Kamaruddin SH. Foto Syahrul Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Warga Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang memimpikan air bersih mengalir ke desa setempat harus banyak bersabar. Masalahnya pemerintah desa setempat tak berdaya segera mengatasi masalah tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, krisis air bersih sudah lama dialami warga Desa Baka Jaya Kecamatan Woja dan sejumlah masyarakat desa lain di Kabupaten Dompu. Bahkan akibat krisis air bersih, warga terpaksa melaksanakan kegiatan MCK di sungai.

“Penanganan krisis air bersih harus terlebih dahulu diakomidir dalam rencana kerja pemerintah desa. Artinya, item ini harus terlebih dahulu dibahas secara bersama dalam rapat dan pertemuan dengan masyarakat dan pihak lainya,” ujar Plt Kepala Desa Baka Jaya H. Kamaruddin SH kepada Berita11.com di kantor Pemerintah Desa Baka Jaya, Selasa (18/7/2017).

Selain alur penanggaran yang mesti melalui mekanisme panjang, Kamaruddin juga berkelit bahwa domain penanganan masalah air bersih juga menjadi tanggungjawab Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Semoga dinas terkait (PUPR, Red) bisa bekerjasama dan membantu kami dalam menuntaskan masalah kekeringan air bersih ini,” harapnya.

Menurut dia, untuk mengatasi krisis air bersih, masyarakat Desa Baka Jaya sebenarnya bisa memanfaatkan delapan sumur yang ada di desa setempat. “Sumur sumur yang ada ini tinggal dimanfaatkan saja dengan sarana dan fasilitas yang memadai. Saat ini yang hanya dibutuhkan adalah pipa, sanyo dan bak penampung air saja,”  kata Kamaruddin.(RUL)

No comments