Breaking News

Tahun Depan DPMDes Targetkan Seluruh Desa Terapkan SisKeuDes

Kantor BPMDes Kabupaten Bima Sebelum Berubah menjadi DPMDes Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima di tahun 2018 menargetkan 191 Desa di Kabupaten Bima sudah menerapkan instrumen Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara online.

“Lagi kita dorong supaya masing-masing desa menerapkan Siskeudes. Insya Allah tahun 2018, apabila semua desa sudah terjangkau jaringan internet kita harapkan menggunakan itu,” kata Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs. Andi Sirajuddin, M. Si kepada Berita11.com di DPMDes, Jumat (21/7/2017).

Siskeudes merupakan sebuah aplikasi keuangan desa berbasis komputer yang dapat dijalankan tanpa jaringan (offline) dan dalam jaringan (online). Fungsinya untuk menyederhanakan pengelolaan dana desa. Saat ini, di Kabupaten Bima baru 30 desa yang sudah memanfaatkan aplikasi tersebut secara online.

“Kalau offline ada beberapa desa. Tapi sama saja bohong dong, capeknya dua kali. Harusnya semua online, sehingga dari desa bisa langsung ke bagian keuangan,” ujarnya.

Ia menuturkan belum lama ini DPMDes melaksanakan rapat bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) salah satu tujuannya mendorong dan mendukung semua desa di Kabupaten Bima menerapkan SisKeuDes. Namun Andi mengibaratkan hal itu tak segampang seperti membalik telapak tangan.

“karena tidak semua desa yang ada sudah punya jaringan internet ditambah faktor SDM yang belum siap,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia DPMDes tengah menjajaki kerja sama dengan salah satu LSM menyangkut peningkatan kapasitas aparatur. Dengan harapan pada tahun 2018, Siskeudes diterapkan seluruh desa di Kabupaten Bima.

“Sumber daya manusia dan jaringan faktor penting Siskeudes. Butuh pelatihan, waktu dan anggaran yang cukup,” katanya. (ID)

No comments