Breaking News

Target Fisik TMMD ke-99 di Pekat Nyaris Rampung, ini Progresnya

Progres Rehab Mushala di Kecamatan Pekat Nyaris Rampung.

Dompu, Berita11.com— Target fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu hampir rampung. Hingga Jumat (21/7/2017), progres sejumlah item pekerjaan sudah ada yang mencapai 85 persen seperti pembukaan dan pengecoran jalan di Desa Doro Peti Kecamatan Pekat.

Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol CZI Arif Hadiyanto, SIP melalui Danunit Inteldim, Lettu Kav. M Kasim menyebutkan, rehab mushala dan perbaikan akses jalan di 12 desa sasaran TMMD di Kecamatan Pekat umumnya hampir rampung dan rata-rata mencapai 70-85 persen.

Menurutnya, hingga kini belum ada kendala yang dihadapi Satgas TMMD dan masyarakat dalam merampungkan target pekerjaan fisik dan non fisik. Berbagai item pekerjaan dapat dilaksanakan karena didukung cuaca cerah. “Beberapa tempat ibadah sudah bisa difungsikan. Sekarang pembangunan fisiknya semakin menunjukan kemajuan,”  ujar M Kasim di Dompu, Jumat (21/7/2017).

Target pekerjaan fisik dilaksanakan secara bersamaan dengan kegiatan non fisik seperti Komsos dan penguatan wawasan kebangsaan terhadap pelajar dan masyarakat umum. Meskipun pada rentang waktu yang sama, Satgas TMMD disibukkan sejumlah program non-fisik, namun tak menghambat pelaksanaan program fisik seperti rehab masjid.

Kasim optimis program pembanguan mampu dituntaskan anggota Satgas dalam waktu tak lama lagi. Sesuai jadwal, program non fisik juga berlangsung hingga akhir kegiatan TMMD.  

“Dua kegiatan prioritas ini alhamdulillah masih berjalan lancar, selain masyarakat bisa menerima wawasan kebangsaan, sekarang mereka didukung sarana fisik yang memadai,” jelasnya.

Berbagai persoalan sosial yang dihadapi masyarakat juga dapat ditekan. Kini lapisan masyarakat di 12 desa sasaran di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu semakin menyadari pentingnya arti kebersamaan tanpa membedakan latar belakang suku, agama, ras dan kedudukan. 

“Intinya dari program ini masyarakat bisa aman dan nyaman saat hidup berdampingan,” kata M Kasim.

Pada bagian lain, progres  rehab Mushalah Mifhatul Jannah Desa Sori Tatanga sudah mencapai  70 persen, demikian juga  pembukaan dan pengecoran jalan di Desa Doro Peti sudah mencapai 85 persen. Sementara rehab Mushala di Desa Nangakara sudah mencapai 75 persen. Progres rehab Mushala Al Jihada dan Mushala Ijtihaddi Desa Beringin Jaya sudah mencapai 80.

Sementara itu,  rehab Mushala Baitul Khair dan rehab Mushala Uswatu Hasanah di Desa Pekat sudah mencapai 75 persen.  Pada bagian lain, rehab Masjid Abu Abul Jannah dan rehab Mushala  Baitul Makmum di Desa Calabai sudah mencapai 75 persen.
Program fisik Mushala Desa Sori Dei Sori Dei di Desa Karombo sudah mencapai 75 persen, sedangkan rehab Mushala Ibadul Rahman di Desa Kadindi Atas juga sudah mencapai 75 persen.


Rehab Mushala Nurul Anwar dan Mushala Nurul Huda di Desa Kadindi Barat sudah mencapai 75 dan 70 persen. Progres yang sama juga pada pekerjaan rehab Mushala Istihadi Desa Sori Nomo mencapai 70 persen. Sementara rehab Mushala Al Amin dan Mushala Nurul Iman sudah mencapai 75 persen. Rehab Mushala Siladarma di Desa Tambora mencapai 70 persen. (RUL)

No comments