Breaking News

Aktivitas CV Wangga Lambu Bakal Dihentikan

lustrasi Aktivitas Penambangan Pasir. Foto Suara Wajar 


Dompu, Berita11.com— Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu dalam waktu tak lama lagi akan menghentikan seluruh aktivitas CV Wangga Lambu Dompu yang bergerak pada sektor usaha penambangan pasir di So Hodo Dusun Tompo Desa Sori Kecamatan Pekat. Sikap tegas DLH ini menyusul perusahaan itu melakukan pelanggaran.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Dompu, Andi Bahtiar, mengaku telah melayangkan dua kali surat teguran kepada CV Wangga Lambu. Namun hingga kini teguran itu tak diindahkan perusahaan itu. Bahkan tetap melaksanakan aktivitasnya

“Dasar itulah, kami akan segera kembali mengirim surat teguran dan menghimbau agar CV itu segera menghentikan aktivitas penambangan,” katanya kepada Berita11.com di Dompu, Selasa (29/8/2017).

Dalam surat teguran yang dilayangkan kepada CV Wangga Lambu, DLH Kabupaten Dompu telah menegaskan bahwa aktivitas perusahaan itu telah menyalahi kesepakatan yang telah dibuat sendiri oleh perusahaan itu. Seperti yang tertuang dalam ijin lingkungan dan dokumen UKL/ UPL. Karena kegiatan penambangan yang dilakukan perusahaan itu mestinya berjarak minimal 100 meter dari pinggir Jalan Lintas Calabai sekitar perusahaan itu.

“Namun kenyataanya jarak penggalian pasir dengan jalan raya tidak lebih dari 20 meter. Hal ini berpotensi menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana jalan dan jembatan yang ada di sekitar lokasi penambangan pasir dan sangat meresahkan masyarakat pengguna jalan,” ujar Andi.

Menurut Andi penambangan yang dilakukan CV Wangga Lambu tidak menggunakan metode yang baik. terbukti, terdapat area bekas penambangan berupa lubang besar terbuka yang membahayakan pekerja serta longsor pasir, sehingga tidak memenuhi standar K3.

Selain itu, aktivitas penambangan pasir yang dilaksanakan oleh perusahaan itu keluar dari koordinat sesuai ijin yang dikantungi. Hal itu dilakukan secara terus menerus dan tidak ada upaya pemindahan lokasi.

“Dasar itu kami DLH meminta kepada penanggungjawab CV Wangga Lambu untuk segera menghentikan sementara segala jenis kegiatan penambangan di lokasi yang dimaksud sampai pemrakarsa melaksanakan semua ketentuan yang berlaku sesuai dalam dokumen UKL-UPL yang telah dibuat dan ijin lingkungan,” tandasnya. (RUL)



No comments