Breaking News

Banyak Program DPAD, tapi Terhalang Anggaran

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima di Jalan Sukun. Foto US


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima memiliki sejumlah program kerja termasuk berbagai lomba memeriahkan sejumlah hari jadi daerah dan hari nasional. Namun terhalang oleh anggaran pendukung.

Hal tersebut diakui Sekretaris DPAD Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati, MH. Sebenarnya setiap tahuh paling sedikit lima agenda lomba yang hendak dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat seperti lomba ketika hari Buku Nasional, hari jadi Kota Bima, hari jadi Provinsi NTB, Pramuka maupun HUT RI.

“Sebenarnya setiap tahun kita ingin programkan berbagai lomba setiap agenda daerah maupun hari nasional. Tapi kendala kami anggaran, jadi lomba hanya bisa kita laksanakan ketika menjelang hari jadi Kota Bima,” ujar Sri Ratnawati di DPAD belum lama ini.

Diungkapkan dia, sebenarnya Wali Kota Bima dan Wakil Wali Kota Bima sangat mendukung terobosan DPAD dalam upaya mendorong budaya literasi. Hanya saja persoalannya terhalang masalah anggaran.

Berbagai program Dinas Perpustakaan adalah terobosan untuk meningkatkan budaya literasi di tengah minat baca masyarakat yang rendah secara nasional maupun di tingkat daerah. Berbagai upaya itu selaras dengan upaya Pemerintah Kota Bima mewujudkan layanan dengan konsep kota cerdas (smart city).

Diakui Sri Ratnawati, DPAD adalah OPD yang memiliki progres  baik. Berbagai terobosan telah dilakukan sejak dinas setempat berstatus kantor hingga naik menjadi tipe A. (US/*)

No comments