Breaking News

Belum Kantungi Ijin Lingkungan, DLH Bakal Tutup RPH La Rema

Kabid Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Dompu, Andi Bahtiar. Foto RUL/ Berita11.com

Dompu,Berita11.com— Hingga kini Rumah Potong Hewan (RPH) La Rema di Kelurahan Simpasai Lingkungan Kecamatan Dompu ternyata belum mengantungi ijin lingkungan. Menyusul persoalan itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu mengisyaratkan akan menertibkan RPH itu.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Dompu, Andi Bahtiar mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertenakan dan sejumlah pihak lain membahas terkait ijin lingkungan RPH La Rema.

“Kami sudah bertemu dengan Dinas Pertenakan. Jawaban mereka lokasi RPH dalam waktu dekat akan pindah tempat,” ujar Andi kepada Berita11.com di DLH Kabupaten Dompu, Selasa (29/8/2017).


Andi mengisyaratkan, jika masih timbul keluhan warga terkait limbah, DLH akan memaksa RPH La Rema menghentikan aktivitasnya.

“Kalau limbah itu masih bermasalah dan RPH La Rema belum juga mengurus ijin lingkungan. Maka kemungkinan kami juga akan terpaksa menghentikan aktivitas RPH setempat,”  tandasnya.

Menurut dia, aktivitas RPH La Rema yang menimbulkan limbah di tengah masyarakat telah melanggar peraturan pengelolaan limbah. Pelanggaran itu menimbulkan keresahan masyarakat karena bau busuk yang timbulkan oleh limbah yang tersebar hingga pemukiman warga.

“Pengelolaan limbah oleh RPH telah melanggar aturan dan menimbulkan dampak lingkungan,”  katanya.

Berangkat dari persoalan tersebut, tambah Andi, pihaknya akan bersurat secara resmi ke Dinas Pertenakan Dompu untuk segera menghentikan aktivitas RPH sebelum mengantongi ijin lingkungan.

"Besok (Rabu) kami akan turun ke lokasi RPH dan meninjau secara langsung aktivitas yang ada di sana,” isyaratnya.(RUL/*)



No comments