Breaking News

Diskominfo Tegaskan Keterbukaan Informasi Publik bukan Pepesan Kosong

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu, Abdul Sahid SH.


Dompu, Berita11.com— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu berkomitmen mendorong fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama. Bahkan dinas setempat menegaskan bahwa Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bukan pepesan kosong.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Dompu, Abdul Sahid SH menyatakan, hal tersebut mengisyaratkan jika pemerintah membuka  seluas-luasnya kepada publik untuk mengakses informasi publik sepanjang tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan seluruh regulasi turunannya. Seperti jenis informasi yang dikecualikan.

“Di dalam Undang-Undang sudah jelas bahwa masyarakat berhak mendapatkan dan memperoleh informasi,” ujar Abdul Sahid, kepada Berita11.com di Dompu, Senin (14/8/2017).

Meskipun tercatat pernah ada sangketa informasi yang timbul di Kabupaten Dompu, Sahid mengisyaratkan jika pemerintah akan merespon setiap permohonan informasi publik yang telah memenuhi syarat. “Artinya pemerintah akan tetap mengindahkan kalau memang ada permintaan informasi,”  katanya.

Menurut Sahid, hanya permohonan yang belum memenuhi syarat yang tidak akan direspon. PPID Utama akan mengecek persyatan permohonan informasi yang diajukan pemohon. Kategori pemohon yang berasal dari badan atau lembaga harus melampirkan legalitasnya lembaga, sedangkan untuk kategori perorangan atau masyarakat umum harus melampiri identitas KTP .

“Kalau lembaga tentu kami akan mengecek terlebih dahulu apakah lembaga tersebut legal dan datanya tercantum di Kesbanpoldagri. Begitu juga dengan masyarakat dan semua informasi yang dibutuhkan harus dijelaskan terlebih dahulu apa maksud dan tujuanya meminta informasi,” katanya.

Sahid menjelaskan, masyarakat umum atau lembaga  juga dapat mengajukan permohonan informasi publik langsung kepada PPID SKPD terkait.  tugas PPID Utama atau Diskominfo hanya menjadi jembatan antara pemohon dengan pemberi informasi.

“Kalaupun pemohon ingin mendapatkan informasi dari salah satu dinas di Dompu, maka kami akan terlebih dahulu  berkoodinasi  dengan pihak dinas terkait. Tetapi pemohon juga bisa langsung memasukan surat pemohonan secara langsung di dinas yang dituju,”  jelasnya. (RUL)

No comments