Breaking News

Diskominfostik Optimis PPID Desa Panda dan Desa Leu Raih Pengargaan DBIP

Bimtek Desa Model DBIP NTB Tahun 2017 di Kantor Desa Panda. Foto US




Bima, Berita11.com— Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima optimis dua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Panda Kecamatan Palibelo dan Desa Leu Kecamatan Bolo yang mewakili Kabupaten Bima pada Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) akan mampu meraih pengahrgaan.

Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfostik Kabupaten Bima, Muslimin, S.Sos, sejumlah persiapan sudah dilakukan pemerintah sebelum mengirim dua dua duta Kabupaten Bima itu mengikuti Festival DBIP di Mataram. 

“Dua desa yang dipilih ini memang sebagai pilot di Kabupaten Bima. PPID desa sudah jalan dan menjadi contoh di Kabupaten Bima,” kata Muslimin di sela asistensi  oleh Komisi Informasi (KI) NTB di Kantor Desa Panda, Selasa (22/8/2017) lalu.

Diisyaratkan dia, setelah asistensi oleh KI NTB, Diskominfostik Kabupaten Bima akan terus mendampingi dua PPID Desa Panda dan Desa Leu sebelum mengikuti Festival DBIP di Mataram pada 15-17 November mendatang.

“Kalau kedua desa ini sudah  maksimal. Kita akan memberikan pembinaan juga secara berkala hingga menjelang festival itu nanti,” ujar dia.

Menurut Muslimin, secara umum, Festival DBIP akan mengusung konsep PPID desa mendorong keterbukaan informasi publik yang dikemas dalam bentuk budaya atau kearifan lokal. Khusus di Kabupaten Bima, implementasi keterbukaan informasi publik dilaksanakan petugas PPID desa dengan menyisipkan informasi saat kegiatan masyarakat seperti mbolo weki dan konsep lain dalam bentuk budaya.

“Kalau kedua desa ini sudah melakukan itu sejak lama, sehingga memang kedua desa ini kita pilih menjadi wakil Kabupaten Bima. keaktifan masyarakat juga meminta informasi dan respon pemerintah desa juga bagus, ” katanya. (US)


No comments