Breaking News

DPAD Kota Bima Tampilkan Arsip Statis di Beranda Kantor

Arsip Statis di Beranda Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima. Foto US



Kota Bima, Berita11.com— Bagi masyarakat atau sekolah yang ingin mendorong pengetahuan anaknya terutama sejarah Kota Bima bisa mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) di Jalan Sukun Kelurahan Monggonao, samping PLN NTB Cabang Bima. Pengunjung akan disuguhkan arsip statis tentang Kota Bima.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati MH mengatakan, arsip statis yang ditampilkan di dinas setempat yaitu mulai dari foto Wali Kota pertama Kota Bima, Ketua DPRD, Presiden RI hingga daftar dan foto camat, kepala OPD dan seluruh pejabat di bawahnya sejak Kota Bima terbentuk.

“Jadi anak-anak bisa mengetahui wali kota pertama itu siapa. DPRD dan kepala dinas dan camat itu saipa saja,” kata Sri Ratnawati di DPAD Kota Bima, Rabu (2/8/2017).

Tak hanya itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga akan menampilkan display dari LCD Proyektor tentang sejarah Bima dan sejarah terbentuknya Kota Bima. hal itu diharapkan menambah wawasan siswa dan pengunjung umumnya lainnya.

Pada masa mendatang dinas setempat juga menargetkan menyiapkan diorama, sehingga pelajar dan masyarakat umum semakin mengetahui sejarah Bima, Kota Bima dan perjuangan Indonesia. “Target kami ingin menampilkan diorama seperti di ANRI walaupun mungkin mahal. Mungkin secara bertahap ke depan kita akan wujudkan,” ujar Sri Ratnawati.

Untuk mendukung pengelolaan arsip yang terarah di Kota Bima, DPAD sudah melaksanakan akuisisi arsip Organisasi Perangkat Daerah di Kota Bima. saat ini dinas setempat juga sedang menyiapkan peraturan daerah tentang arsip.

“Khusus arsipnya kita sudah punya JRA arsip. Sekarang Perda sedang kita siapkan.untuk draftnya sudah selesai dengan perguruan tinggi, tinggal pembahasan dengan legislatif,” jelas Sri Ratnawati. (US/*)


No comments