Breaking News

Dukung Konsep Smart City, Setiap Hari Perpus Keliling akan Layani Masyarakat

Mobil Perpustakaan Keliling Kota Bima. Foto US



Kota Bima, Berita11.com— Setelah dilantik sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) definitif, Drs H Mahfud, M.Pd mengisyaratkan akan mendorong seluruh layanan SKPD setempat termasuk perpustakaan keliling.

“Mobil perpustakaan segera kita perbaiki. Jadi harus turun ke lapangan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Mobil perpustakaan itu, tiada hari tanpa keliling karena banyak komunitas dan sekolah yang harus dikunjungi,” ujar H Mahfud kepada Berita11.com di DPAD, Senin (14/8/2017).

Tak hanya mengunjungi sekolah dan kelurahan, Mahfud juga menargetkan mobil perpustakaan keliling melayani pembaca di sejumlah taman di Kota Bima terutama di alun-alun kota di Serasuba. Konsepnya, DPAD akan menyiapkan bahan bacaan sesuai minat dan kebutuhan masyarakat. Dinas  Perpustakaan juga akan menyederhanakan cara meminjam buku.

“Sekali-sekali malam Minggu kita kunjungi taman. Kita kasi keleluasaan masyarakat untuk meminjam buku. Jadi kita mendatangi bukan saja mahasisw atau pelajar datang ke sini,” katanya.

Menurut mantan Kepala Satuan Pol PP Kota Bima ini,  DPAD juga menargetkan menyiapkan perpustakaan mini di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. sejumlah bahan bacaan yang disiapkan yaitu buku tentang sejarah Bima, biografi dan sejumlah buku menarik bagi penumpang yang menunggu pesawat.

Salahsatu upaya dinas memacu minat baca yaitu mengawali dengan menyiapkan kusioner sederhana yang akan menanyakan kepada masyarakat dan mahasiswa jenis buku yang mereka butuhkan, serta layanan yang mesti dibenahi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima.

“Buku apa yang disukai dan saran untuk layanan. Saya akan kasi buku apa yang mereka suka.  Jadi jenis dan judul buku itu tak lagi semata ditentukan dari sini, tapi menyesuaikan kebutuhan masyarakat sehingga yang kita pacu adalah minatnya dulu untuk membaca,” kata Mahfud.

Pada masa mendatang, DPAD juga menargetkan di setiap taman tersedia depo perpustakaan. Menurut Mahfud, minat baca atau budaya literasi perlu terus didorong, apalagi konsep layanan yang akan diterapkan Pemerintah Kota Bima yaitu kota smart city. 

“Konsep smart city itu kota cerdas. Jadi masyarakatnya harus cerdas. Bagaimana mewujudkannya? Tentu masyarakat harus belajar dengan cara membaca buku sehingga kita dorong minat baca masyarakat,” katanya.

Selain menggenjot beberapa progran mendorong minat baca. Hari pertama kerja di DPAD Kota Bima langsung dimanfaatkan H Mahfud untuk membenahi sistem kerja di dinas setempat dengan mempertegas dan membahas tugas pokok setiap pejabat dan staf. “Jadi langsung rapat dan kita langsung buat sket ruangan untuk Sekretaris. Jadi semua harus jalan,” katanya. (US/*)




No comments