Breaking News

Festival Uma Lengge Digelar Agustus, ini Rundownnya

Uma Lengge Bima. Foto Kampung-Media.com


Bima, Berita11.com— Festival Uma Lengge di Kecamatan Wawo akan memeriahkan iven wisata di Kabupaten Bima. Setelah sukses dengan festival tahun lalu, festival yang sama akan digelar 24-27 Agustus 2017.

Sesuai rundown yang disiapkan penitia, Festival Uma Lengge tahun 2017 akan dimulai dengan pembukaan festival Kamis (24/8/2017) mendatang. Beberapa aktraksi akan mengiringi pembukaan festival tersebut yaitu Tari Wura Bongi Monca oleh Sanggar La Diha Wawo, Maka oleh Lembaga Adat Wawo dan musik kolosal oleh Karang Taruna Desa Maria, Pemuda Lengge dan pelajar SMAN 1 Wawo. Pembukaan festival juga akan dimeriahkan penampilan Sanggar Oi Masa dari Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Kegiatan bertajuk Festival Uma Lengge #2 Tahun 2017 ini juga dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri. Pada hari kedua atua Jumat (25/8/2017), kegiatan festival diisi  workshop photography budaya dan videography pariwisata dengan narasumber Setiadi Darmawan (fotografer Pesona Indonesia/Wonderful Indonesa) dan Eddy Hasby (Videografer budaya dan sejarah profesional).

Usai workshop dan simulasi fotography, pada malam kedua akan dilanjutkan pertunjukan Sanggar La Diha (Wawo), Sanggar Oi Masa (Sape), Sanggar Uma lengge (Wawo), Sanggar Ntau Ndai (Kota Bima), Penampilan Mpisi dari Rora (SMK di Kecamatan Donggo), penampilan Kalero Donggo (Sanggar Donggo Mbawa).

Sementara itu, pada hari ketiga, Sabtu (26/8/2017) kegiatan dilanjutkan prosesi Uma Lengge meliputi upacara adat Do’a Dana (ritual sebelum proses menanam padi), Tarian Sagele (senandung yang mengiringi proses penanaman padi), prosesi Ampa Fare (pesta panen). Malam hari kemudian dilanjutkan pertunjukan permainan rakyat dari Parise Desa Buncu Kecamatan Sape, Soka, Manca, Bujakadanda dari Desa Sari Kecamatan Sape, Kalero, Belaleha dari Desa Tarlawi Kecamatan Lambitu, dan Ngana Cau Muna dan Mpa’a Peda dari  Kecamatan Wawo dan penampilan tradisi Ntubu dari Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

Penampilan Karelo dan Belaleha akan diiringi proses menumbuk padi dengan lesung dan kandei. Di setiap uma lengge dan jompa akan ada yang menenun kain (Tembe Nggoli). Sementara Ngana Cua Muna akan diiringi permainan alat tiup silu dan permainan Manca dari Desa Maria Kecamatan Wawo.

Berdasarkan rundown acara, rangkaian Festival Uma Lengge akan diakhiri Minggu (27/8/2017) dengan kegiatan bersih Uma Lengge yang akan diikuti juga Kepala Desa Maria dan seluruh masyarakat di desa setempat. (AN)

No comments