Breaking News

Sorot Pengelolaan ADD, FMDL Gedor Inspektorat, Legislatif dan BPMD

Aksi Massa FMDL Menyorot Pengelolaan Dana Desa Lapadi Kabupaten Dompu.

Dompu, Berita11.com— Puluhan pemuda dan warga yang tergabung dalam Forum Masyatakat Desa Lepadi (FMDL) Kabupaten Dompu menyorot pengelolaan alokasi dana desa/ dana desa Lepadi tahun 2016 dan 2017. Mereka desa Kades setempat mundur dari jabatannya.

Dalam menyuarakan aspirasinya, massa FMDL menggelar aksi unjuk raya di depan Sekretariat DPRD, Inspektorat dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Dompu, Senin (28/8/2017) pagi.

Koordinator massa, M. Syairifuddin S.Pd, menyebut sejumlah masalah di Desa Lapadi yaitu pemanfaatkan uang rakyat untuk BUMDES sebesar Rp115 juta dan pengadaan papan monografi yang mencapai Rp15 juta

Ia juga menuding pelaksanaan pembangunan Desa Lapadi tidak berdasarkan program dan rencana pembangunan sesuai hasil musyawarah dengan masyarakat desa yang seharusnya tertuang dalam dokumen APBDes.

Selain menyorot masalah pengelolaan dana desa/ ADD. Massa juga menyorot pemecatan Sekretaris Desa yang tidak prosedural, tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Mendagri Nomor 83 Tahun 2014 dan Peraturan Daerah Kabupaten Dompu Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Pengangkatan dan Pemberhetian Perangkat Desa.

“Melanggar konstitusi seakan-akan menjadi kewajiban dan merampas hak-hak rakyat di jadikan sebagai keharusan, itulah gambaran nyata akan tindakan seorang Kades,” teriak Syairifuddin saat menggelar orasi. (RUL)

No comments