Breaking News

PDAM Akui tak Berdaya Mengatasi Krisis Air Bersih di Baka Jaya, ini Sebabnya

Pimpinan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupten Dompu Foto Bersama Reporter Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Dompu mengaku tak berdaya mengatasi krisis air di Desa Baka Jaya Kecamatan Woja. Penyebabnya, perusahaan setempat tak memiliki anggaran yang cukup untuk mengatasi krisis air di desa itu.

Direktur PDAM Kabupaten Dompu, Agus Supandi, SE, mengaku, sampai saat ini PDAM belum bisa memberikan pelayanan secara maksimal dalam menyalurkan air bersih kepada masyarakat. Penyebab saluran air ke Desa Baka Jaya karena kerusakan pipa. “Pipa banyak yang bocor. Itu akibat dari prilaku-prilaku oknum masyarakat yang sengaja merusak dan melubangi pipa tersebut,” ungkap Agus saat ditemui Berita11.com di PDAM Kabupaten Dompu, Senin (29/8/2017).

Menurut dia, krisis air bersih yang dipasok PDAM tak hanya dialami masyarakat Desa Baka Jaya. Namun juga sejumlah desa lain di Kabupaten Dompu. Hanya saja, PDAM belum dapat mengatasi masalah kerusakan saluran pipa karena terkendala anggaran.

“Jujur saja, kami di PDAM sangat minim anggaran. Jadi sangat sulit ketika mengatisipasi permasalahan seperti ini,” jelasnya.

Kendati demikian, Agus menegaskan PDAM Dompu tetap berupaya membantu masyarakat mengatasi krisis air dengan cara menyalurkan air menggunakan armada. “Kami akan melakukan upaya antisipasi untuk mengatasi masalah ini dengan menempatkan sementara beberapa unit bak penampung di lokasi desa tersebut,” katanya.

Saat ini PDAM Kabupaten Dompu masih menunggu realisasi anggaran bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengatasi krisis air. (RUL)

No comments