Breaking News

Pengurus BUMBDES Bersama di Kecamatan Bolo Ditatar Pengelolaan Dana

Sejumlah Pengurus BUMDES Mengikuti Sosialisasi di Kantor Camat Bolo. Foto Indrawan.

Bima, Berita11.com— Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bersama Kecamatan Bolo ditatar tentang pengelolaan dana, Rabu (16/8/2017). Kegiatan tersebut dipusatkan di aula kantor Camat Bolo.

Sekretaris Camat Bolo, Drs Abbas mengingatkan pengurus BUMDES bahwa dana harus dikelola secara bergulir misalnya melalui kegiatan simpan pinjam.  “Kami mendukung terbentuknya BUMDES bersama,” katanya.

Kepala Bidang Ekonomi Pemerintah Kecamatan Bolo, H Adnan mengatakan,  setiap desa harus memperkuat fungsung BUMDES. Untuk pengelolaan APBDes harus optimal. Sebelumnya, setiap desa sudah memiliki BUMDES.

Menurutnya, BUMDES  merupakan gerbang bagi pemerintah desa dalam mengelola Pendapatan Asli Desa. Keberadaan badan usaha itu juga menjadi media untuk memompa geliat usaha kecil dan menengah di tengah masyarakat.

“Di Jawa ada desa yang bisa mendapatkan PAD lebih dari satu miliar lewat BUMDES. Maka dari  itu anggaran BUMDES harus ditambah lagi,” katanya.

Disebutkannya,  pada tahun 2017 ini,  pemerintah pusat membantu Kabupaten Bima dengan menyiapkan tempat penjemuran padi. Jumlah anggaran bantuan itu mencapai Rp700 juta. sesuai rencana lokasi proyek itu di Desa Timu Kecamatan Bolo. (IL)


No comments