Breaking News

Satu Calon Jemaah Haji Asal Soromandi, Dua Kali Gagal Berangkat

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Ibrahim, SH.


Bima, Berita11.com— Satu orang calon jemaah haji asal Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima untuk kedua kalinya gagal berangkat. Sebab, hingga saat ini kantor urusan agama (KUA) Soromandi belum menerima laporan persiapan keberangkatan.

Sebelumnya pada musim haji tahun 2016, gagal diterbangkan ke tanah suci karena faktor kesehatan.

“Sampai hari ini kita tunggu, belum ada laporannya. Malahan, Kementerian Agama Kabupaten Bima melalui Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mau dibatalkan tahun ini juga,” kata kepala KUA Soromandi, Ibrahim kepada Berita11.com di KUA setempat, Rabu (2/8/2018).

Ibrahim melanjut pihak PHU Kemenag Kabupaten Bima juga menyarankan agar setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) diambil kembali. Namun sampai saat ini, belum dilakukan oleh pihak keluarga calon haji.

Selain itu, ia menuturkan telah  menanyakan pada PHU mengenai pelunasan biaya haji tahun 2017 yang bersangkutan. Untuk memastikan keberangkatannya.

“Berarti sudah tidak berangkat lagi karena belum melunasi. Kalau sudah dilunasi nanti Kemenag Provinsi NTB yang menentukan berangkat atau tidaknya,” katanya.

Ibrahim menambahkan calon jamaah haji dari Kecamatan Soromandi yang akan berangkat tahun ini berjumlah enam orang. Sesuai jadwal, mereka akan diberangkatkan pada tanggal 20 Agustus mendatang dan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) delapan embarkasi Mataram. (ID)

No comments