Breaking News

Sumur ini Dipercaya Mampu Sembuhkan dan Lindungi Orang Satu Kampung

Temba Sarise yang Berada di Pinggir Jalan di Desa Talabiu. Foto US


Bima, Berita11.com— Sebuah sumur yang terletak di pinggir ruas jalan di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat dipercayai sebagian warga memiliki kekuatan mistis menyembuhkan orang yang sakit dan melindungi seluruh masyarakat setempat dari ancaman dari luar desa.

Warga Desa Talabiu menyebut nama sumur tersebut Temba Sarise. Mitos kekuatan mistis sumur itu berkembang sejak lama dan masih dipercaya sebagian warga setempat. “Dari dulu sebelum jaman Indonesia merdeka sudah ada sumur ini. Sebagian percaya terutama keterunan langsung terkait sumur itu,” kata Arina, warga Desa Talabiu.

Menurut Arina, sebagian warga Talabiu percaya bahwa  awalnya Temba Sarise berada di tengah ruas jalan. Namun seiring perkembangan waktu, sumur itu kini berpindah sendiri sehingga berada di pinggir ruas jalan negara tepatnya di depan masjid di desa setempat.
“Entah mitos atau apa, tapi sebagian warga percaya tentang kekuatan mistis sumur itu. Kalau terjadi kegentingan maka akan ada satu orang yang dirasuki penjaga Temba Sarise. Dia yang akan menjadi panglima pelindung warga,” katanya

Warga Talabiu lainnya, Kurniati mengatakan, sebagian masyarakat Desa Talabiu percaya mandi air dari sumur itu dapat menyembuhkan penyakit berat yang sudah sulit disembuhkan secara medis. “Penyakit menahun dan berat atau sulit disembuhkan itu bisa sembuh kalau mandi air Temba Sarise,” ujar Kurniati.

Menurut guru salah satu Sekolah Dasar di Desa Talabiu ini, Temba Sarie erat kaitannya dengan sejarah desa setempat. “Mungkin sebagian orang akan sulit percaya. Tapi warga di sini percaya mitos itu,” katanya. (AG)

No comments