Breaking News

Terpijar, Surga bagi Petani, Pemkab dan PNS di Dompu

Bupati HBY Foto Bersama Sejumlah Petani Jagung di Dompu. Foto Humas Pro. Setda Pemkab Dompu. 

Dompu, Berita11.com— Program Terpijar atau yang dulu dikenal Pijar adalah surga bagi petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu,  dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak sedikit pegawai dan warga yang mendadak kaya setelah menanam jagung.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Dompu, Ardiansyah SE, Terpijar adalah langkah nyata yang telah digagas Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dalam mendorong taraf hidup masyarakat pada sektor pertanian. Bahkan beberapa tahun terakhir tak hanya petani yang menanam jagung. Lebih dari itu, banyak PNS yang juga ikut menggarap ladang sebagai lahan pertanian jagung.

“Semenjak adanya program Pijar (Terpijar) nama Kabupaten Dompu terus dikenal akan kemajuannya. Kondisi kemajuan Dompu sangat berbeda dengan daerah–daerah lainya,” ujar Ardiansyah di kantor Pemkab Dompu, Kamis (3/8/2017).

Dikatakan Ardiansyah, jagung adalah komoditi yang tepat setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu mencetus program Pijar. Dulu, umumnya kondisi perekonomian masyarakat masih biasa. Bahkan merangkak mencari peluang di berbagai sektor. Namun tak ada hasil signifikan. Setelah Bupati HBY mendorong sektor pertanian khususnya komoditi jagung, masyarakat mulai merasakan perubahan signifikan.

“Jangan salah, dulu pendapatkan masyarakat sangat minim. Jangankan buat membangun rumah batu, buat membiayai kuliah anak saja susah. Tapi sekarang masyarakat Dompu sudah bisa membangun rumah batu serta bisa membeli motor dan membiayai kuliah anaknya,” ujar Ardiansyah.

Komoditi jagung memiliki pengaruh besar mendongrak pertumbuhan berbagai sektor lain dan perekonomi masyarakat secara menyeluruh. “Program Terpijar ibarat surga bagi daerah dan masyarakat Dompu. Karena program ini mampu meningkatkan ekonomi dan membawa sejuta perubahan di Dompu,” pungkasnya. (RUL)

No comments