Breaking News

Wabup Bima Hadiri Launhcing Program BPJS Ketenagakerjaan

Wakil Bupati Bima. Drs. H. Dahlan M. Noer Menerima Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan


Bima, Berita11.com— Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M.Noer menghadiri acara launching dan sosialisasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi aparatur desa Se-Kabupaten Bima di Paruga Na’e Convention Hall Kota Bima, Selasa (22/8/2017).

Dalam Sambutannya, Wabup mengatakan peluncuran program BPJS Ketenagakerjaan pada 191 desa di Kabupaten Bima merupakan upaya  pemenuhan jaminan sosial yang menjadi kebutuhan dasar hidup layak bagi peserta beserta anggota keluarga. Sehingga memberikan perlindungan kecelakaan kerja dan risiko meninggal saat bekerja.

“Oleh karena itu hal seperti ini menjadi kebutuhan sehingga aparat desa dapat terlindungi bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. Maka kepemilikan kartu BPJS sangat bermanfaat,” katanya.

Dahlan mengatakan Pemerintah Kabupaten Bima mendukung penerapan program BPJS ketenagakerjaan. Launcing dan sosialisasi program BPJS perlu dilakukan  mengingat minimnya pemahaman aparatur desa dan masyarakat  mengenai pentingnya jaminan sosial. Menurutnya, selama ini banyak yang beranggapan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk kalangan pekerja formal.

“Berdasarkan UU No 24 Tahun 2011 BPJS Ketenagakerjaan adalah Badan Hukum Publik yang ditunjuk oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial untuk pekerja formal dan informal,” jelasnya.

Ia berharap melalui launcing dan sosialisasi tersebut, aparatur desa dapat mengetahui dan memahami pentingnya  BPJS ketenagakerjaan serta melindungi diri dan keluarga dalam melaksanakan pekerjaan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bima Iguh Bimantorayudha mengatakan launching dan sosialisasi program bertujuan memberikan kemudahan akses peserta untuk mengetahui cakupan pelayanan dan jumlah tabungan. Selain itu, memberikan informasi terbaru kepada para peserta lewat teknologi bila sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga bisa lebih mudah untuk mengakses informasi terkait seluruh jaminan dan pelayanan.

“Program ini bisa di unduh secara gratis dan bisa diakses kapan pun, sekaligus bisa mendapatkan perlindungan lengkap, jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKm), jaminan hari tua (JHT), dan jaminan pensiun (JP),” paparnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada 191 desa oleh  Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banusra (Bali, Nusa Tenggara) Kuswahyudi kepada wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer selanjutnya diserahkan kepada kepala DPMDES kabupaten Bima Sirajuddin AP. MM dan diserahkan kepada aparatur desa yang secara simbolis diterima oleh Kepala Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Jusman, Kepala desa Campa kecamatan Madapangga, Muhammadyah  Kepala Desa rabakodo Kecamatan Woha, Haris Supriyadin.

Selain itu, Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer juga menyerahkan dana santunan (klaim)  kepada Ahli Waris Alm. Bapak Ahmad Basahi  Aparat Desa Kananta Kecamatan Soromandi sebesar 24.000.000 yang diterima oleh Aminah serta penyerahan santunan kepada Ahli Wairs Alm. Bapak Kasman Aparat Desa  Samili Kecamatan Woha sebesar Rp. 24.000.000 yang diterima oleh Samsudin. Serta penyerahan cinderamata dari Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer kepada Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banuspa (Bali, Nusatenggara) Kuswahyudi. (ID)

No comments