Breaking News

Danramil Kilo Pimpin Upacara di SMAN 2

Suasana Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Aula SMAN 2 Kilo.

Dompu, Berita11.com— Upacara bendera di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kilo Kabupaten Dompu berlangsung berbeda dengan hari biasa, Senin (11/9/2017). Pelaksanaanya terbilang spesial karena dipimpin langsung oleh Komandan Koramil 1614-04/ Kilo, Kapten Inf. M Yamin.

Kapten Inf. M Yamin bertindak sebagai pembina upacara yang diikuti 240 siswa dan guru. Tidak seperti biasa, upacara di sekolah setempat berlangsung khidmat dengan disiplin tinggi. Siswa langsung mengatur barisan masing-masing.

Usai menjadi pembina upacara, Kapten Inf M Yamin kemudian menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada siswa, guru dan Kepala SMAN 2 Kilo.

M Yamin menegaskan tentang dasar negara dan arti dari Pancasila.  Menurutnya ideologi itu menjadi landasan hidup di negara kesatuan Republik Indonesia.

Pria tegap ini mengajak seluruh siswa agar menghindari mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlarang seperti Narkoba dan tramadol.

Ia mengingatkan bahwa tramadol bukan untuk orang yang sehat. Namun merupakan obat penghilang rasa nyeris selepas operasi. Untuk dapat mengonsumsinya pun harus dengan resep dokter.

“Siswa dan siswi agar menghindari barang-barang tersebut karena akan menyebabkan gangguan  saraf seperti daya ingat berkurang,  kekebalan tubuh menjadi  menurun sampai terjadi gangguan jiwa atau gila,” katanya.

M Yamin juga mengingatkan siswa agar tak bertindak melawan hukum seperti menghindari perkelahian, pencurian maupun berbagai jenis kriminal lain. Karena hanya akan merugikan pelajar yang terlibat.

“Kalau kalian mau masuk TNI maupun Polri Ikuti aturan. Jaga fisik maupun mental kalian siapkan diri kalian supaya menjadi prajurit sesuai apa yang diinginkan,” katanya.
Selain Danramil 1614-01/ Kilo, materi tentang bahaya Narkoba juga disampaikan Kapolsek Kilo, Iptu Jaelani.

Ia mengatakan kemajuan NKRI bergantung generasi yang memiliki ahlak baik. Pelajar adalah generasi penerus bangsa. Untuk itu harus mengikuti setiap norma dan peraturan yang berlaku.

“Generasi penerus adalah kalian yang ada di hadapan saya saat ini. Jaga diri masing- masing, jangan merusak diri dengan barang yang tidak jelas sehingga merugikan diri masing- masing, keluarga dan orang tua,” ajak Jaelani. (RUL)

   

No comments