Breaking News

HMI Cabang Sumbawa Desak Presiden Bersikap soal Rohingya

Ilustrasi/ Orgnial Picture ArrahmahNews.


Sumbawa, Berita11.com— Ketua Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Kabupaten Sumbawa, Robi Ridwan mendesak mendesak Presiden Joko Widodo agar bersikap terkait persoalan kemanusiaan muslim Rohingya di Myanmar.

Menurutnya, pemerintah Indonesia harus punya  andil menyikapi permasalahan yang dialami muslim Rohingnya.  Apalagi secara tegas dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menegaskan bahwa Indonesia ikut melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi, keadilan sosial serta mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Robi Ridwan mengatakan, Islam mengajarkan keadilan bukan penindasan. Karena itu, sesama umat muslim wajib saling tolong menolong dalam hal kebenaran. “Walaupun mereka tidak dianggap sebagai warga Negara Myanmar tentu seharusnya pemerintahnya harus punya tanggung jawab atas warga yang berada di negaranya. Hal ini karena masyarakat muslim Rohingya sudah ada sebelum deklarsi kemerdekaan Myanmar,” katanya kepada Berita11.com di Sumbawa Besar, Selasa (5/9/2017).

Dikatakannya, apabila Myanmar tidak memperbolehkan Indonesia membantu masyarakat Rohingya, maka Indonesia sudah seharusmya memutuskan hubungan dengan negara yang tidak berprikemanusiaan tersebut.

Robi berharap krisis Rohingya tidak menjadi pemantik isu SARA di Indonesia karena selama ini heterogensi telah mampu menciptakan perdamaian. (AA)

No comments