Breaking News

Ini Hasil Rembuk Jagung Nasional untuk Kabupaten Dompu

Bupati Dompu  Drs H Bambang M Yasin dan Peserta Rembug Jagung Nasional Tahun 2017.


Dompu, Berita11.com— Kegiatan rembuk jagung nasional yang diikuti Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin menghadirkan sejumlah output terbaik untuk petani dan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. Di antara hasil itu kepastian tambahan kuota pupuk bersubsidi bagi petani Dompu sebanyak 24 ribu ton.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE menyebut eksekusi penambahan kuota pupuk diisyaratkan langsung oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia di sela pertemuan nasional itu. Kuota pupuk tahun 2017 bertambah dari sebelumnya 10.245 ton.

Ardiansyah menyebut, selain tambahan kuota pupuk, rembuk nasional jagung juga menghadirkan output positif lain bagi Kabupaten Dompu yaitu alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa mesin pemipil jagung.  

“Lebih penting Dompu akan direncanakan sebagai daerah penangkaran benih jagung. Uji coba beberapa varietas di setiap kecamatan dengan transformasi teknologi beserta SDM dari para pakar Litbang maupun sarjana pemuliaan tanaman di berbagai industri jagung di Indonesia.termasuk di dalamnya akan dibagun pabrik pankan ternak  beserta tembakau dari PT Sampoerna,” kata Ardiansyah.

Pada saat rembut jagung nasional, beberapa isu yang dibahas yaitu masalah dan potensi ketersediaan lahan dalam kawasan hutan rakyat yang dimungkinkan dilepas sebagai area budidaya jagung.  Pada pertemuan itu, Bupati HBY didampingi Kabid Produksi Tanaman 
Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Kepala Bidang BOK, Ir Syahrul Ramadhan, Kepala Bidang Ekonomi Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, M Syahtoni SP. Pertemuan berlangsung di ruangan VVIP Gedung JDC Jakarta. (RUL)

No comments