Breaking News

LSN Region Nusa Tenggara III Bergulir

Tim Sepak Bola Ponpes Al-Husaini dan Ponpes Al-Ikhwan Sebelum Bertanding Pada LSN 2017 Region Nusa Tenggara III


Kota Bima, Berita11.com— Liga Santri Nasional (LSN) 2017 Region Tenggara (Nusra) III untuk wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu resmi dihelat. Pembukaan kompetisi olahraga sepak bola khusus pesantren tersebut dilaksanakan di Lapangan Mangge Maci, Kota Bima, Senin (11/9/2017).

Koordinator LSN Region Nusa Tenggara III, Muhammad Haryadin menjelaskan pelaksanaan LSN Region Nusa Tenggara III tahun 2017 dipusatkan di Bima. Sebanyak 32 tim berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini.

“Peserta Region III Nusra 32 tim. Kota dan Kabupaten Bima masing-masing diikuti delapan tim dan Kabupaten Dompu 16 tim. Karena banyak, skemanya kita bagi dua, 16 di Bima dan 16 di Kabupaten Dompu. Tapi tuan rumahnya di Bima” katanya di Lapangan Mangge Maci Kota Bima, Senin (11/9/2017).

Haryadin mengatakan selain bertujuan menjaga keutuhan NKRI, LSI menjadi ajang silaturahmi antar pesantren serta menjadi wadah bagi para santri untuk saling mengenal santri dari pesantren lain. Menurutnya di samping kemampuan agama, para santri diberikan kesempatan mengembangkan potensi pada bidang olahraga.

“Para tim diharapkan bertanding secara maksimal dan serius dengan menjunjung sikap sportivitas selama bertanding,” ujarnya.

Pembukaan LSI Region Nusa Tenggara III ditandai dengan kick off pertandingan Ponpes Al-Husaini melawan Ponpes Al-Ikhwan yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan dan penjabat Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten itu menambahkan kompetisi akan berlangsung selama sepuluh hari. Dari hasil pertandingan diambil dua tim terbaik yang akan bertanding melawan dua perwakilan terbaik dari Kabupaten Dompu.

Sementara itu pada LSN nasional yang akan dilaksanakan di Bandung Jawa Barat, Provinsi NTB akan bersaing bersama Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Juara dan runner up dari Bima akan bertanding melawan juara dan runner up Dompu. Jika lolos tingkat provinsi selanjutnya masuk tingkat nasional,” katanya.

LSN merupakan agenda nasional tahunan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) yang digulirkan sejak tahun 2015 untuk menjaring santri berbakat pada olahraga sepak bola. (ID)

No comments