Breaking News

Panen lebih Menjanjikan Keuntungan, Wabup Dompu Puji Petani Sorgum

Wakil Bupati Dompu, Arifuddin SH. Foto Syahrul Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Petani di Dompu tak hanya fokus pada satu komoditi. Kini sebagian petani juga menggeluti tanaman sorgum yang dapat dipanen hingga tiga kali dalam satu kali tanam. Selain hasil yang maksimal, modal yang dibutuhkan juga tak banyak.

Geliat petani sorgum di Bumi Nggahi Rawi Pahu dipuji Wakil Bupati (Wabup) Dompu, Arifuddin SH. Kemarin Wabup menghadiri undangan para petani sorgum di Dompu. “Dalam pertemuan kemarin petani menjelaskan berbagai potensi-potensi tanaman sorgum di Dompu,” ujar Wabup Arifuddin saat diwawancarai Berita11.com di ruang kerjanya, Selasa (12/9/2017).

Menurut Wabup, sorgum di wilayah Dompu hampir mirip dengan tanaman jagung. Hanya saja yang membedakan tanaman sorgum  menjanjikan hasil yang maksimal dengan dukungan kualitas tanah di Dompu yang sangat cocok ditanami tanaman tersebut. 



“Para petani jagung tentu harus bisa memanfaatkan keberadaan sorgum. Jadi tidak hanya menanam jagung, akan tetapi juga dibarengi dengan sorgum,” katanya.

Dikatakannya, sesuai pemaparan petani saat pertemuan kemarin, pemasaran atau pembeli sorgum sudah jelas sehingga menjanjikan keuntungan untuk petani. 

“Jadi para petani yang menanam tanaman tersebut tidak susah untuk mencari pembeli. Pemerintah tetap akan merespon dan membantu para petani. Terutama dalam menunjang peningkatan ekonomi dalam sektor pertanian,”  katanya.

Selain komoditi jagung sudah luar biasa di wilayah Dompu, tanaman sorgum berpotensi berkembang maju seperti jagung. Pada sisi lain, petani tak perlu capek menanam sorgum karena dapat tumbuh sendiri.  “Semoga dengan sorgum ini petani makin maju dan sukses,” harapnya. (RUL)


No comments