Breaking News

Penuhi Akreditasi, Puskesmas Soromandi Tambah Alkes Melalui Dana JKN

Kepala Puskesmas Soromandi Kabupaten Bima, Radiman.


Bima, Berita11.com— Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Soromandi Kabupaten Bima mengajukan penambahan alat kesehatan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima melalui penggunaan dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk menunjang persiapan akreditasi pelayanan.

“Kita ajukan penambahan alat kesehatan dalam rangka akreditasi puskesmas dengan menggunakan dana JKN kita yang 40 persen,” kata Kepala Puskesmas Soromandi, Radiman kepada Berita11.com di Puskesmas Soromandi, Senin (5/8/2017).

Radiman menjelaskan Alkes yang ditambah yaitu perangkat perawatan luka (hecting set) pada pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD), pembersih serumen, 12 item alat laboratorium kesehatan dan alat bantu persalinan sebagai penunjang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) bagi bidan desa.

“Karena alatnya sudah lama jadi perlu untuk diganti. Jadi kita minta yang baru kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima,” ujarnya.

Ia menambahkan terkait akreditasi pelayanan, Puskesmas Soromandi sudah diajukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima kepada Kementerian Kesehatan pada tanggal 18 Agustus lalu. Sementara tahap penilaian akan dilaksanakan pada September ini.

“Kita sudah berupaya untuk menerapkan pelayanan akreditasi. Insya Allah rencananya September ini pelaksanaan penilaian oleh pusat,” tandasnya. (ID)

No comments