Breaking News

Perluasan Runway Bandara SMSB Ditargetkan Rampung Tahun 2019

Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Foto Ist

Bima, Berita11.com— Meskipun tak ada masalah terkait pembebasan lahan. Perluasan landasan pacu (runway) Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima ditargetkan rampung tahun 2019 mendatang.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Taslim Badruddin SH MM mengatakan, meskipun pesawat boing 737 seri 500 sudah bisa mendarat di bandara setempat. Namun baru bisa memuat 90 penumpang dari target 164 kursi. Angka tersebut merupakan standar keamanan yang direkomendasikan otoritas bandara setempat.

“Itu safetynya 90 kita mau kejar. Itu harus landasanya diperpanjang supaya bisa muat. Baru bisa mulai tahun 2019. Saya ajak ibu bupati, agar pemerintah pusat lebih perhatian,” ujar Taslim di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

“Kita usulkan lagi agar dapat pada APBD P untuk penimbunan, sedangkan untuk konstruksi harus dibiarkan satu tahun kemudian agar tanahnya keras baru bisa dikonstruksi. Jadi kemungkinan tahun 2019,” kata Taslim.

Menurutnya, pembebasan sungai merupakan tanggungjawab pemerintah daerah, termasuk jalan alternatif untuk petani tambak.

“Rencana perpajangan dari 1.650 menjadi 2.100 meter untuk bisa didarati pesawat boing 737 seri 400. Saat ini sudah didarati 373 boing seri 500. Kalau yang seri 400 harus diperpanjang lagi. Kemarin sudah kami usul tapi masih menunggu proses studi tahun ini,” katanya. (US)

No comments