Breaking News

Sampah Berserakan di Halaman, Pengunjung Sorot Kebersihan RSUD Dompu

Tampak Kumuh: Sampah-Sampah yang Berserakan di Halaman RSUD Dompu Disorot Pengunjung. RUL

Dompu, Berita11.com— Beberapa hari terakhir sampah-sampah yang berserakan di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu menjadi pemandangan tak lazim. Akibatnya sejumlah pengunjung mengaku risih. Mereka bahkan menyorot kebersihan di RSUD setempat.

Seorang pengunjung, Hijratul Akbar SH MH mengaku risih melihat sampah yang berserakan di halaman RSUD Dompu. Padahal mestinya rumah sakit menjadi tempat yang nyaman dan bersih.

“Saya heran kenapa di halaman rumah sakit ini  kok banyak sampah yah?” katanya di RSUD Dompu, Minggu (10/9/2017) .

Menurut pengacara muda di Dompu ini, sejatinya pihak manajemen RSUD Dompu harus memerhatikan kondisi kebersihan. Apalagi di rumah sakit banyak pasien yang dirawat inap. 

“Di mana sih letak penerapan nilai-nilai kebersihan yang diterapkan oleh RSUD ini," sorotnya.

Dikatakan dia, sampah-sampah yang berserahkan dikuatirkan akan menimbulkan penyakit, sehingga akan berdampak pada kondisi pasien yang dirawat di RSUD. “Orang sakit tentu saja ingin sembuh. Jadi itulah alasan kenapa orang yang sakit dirawat inap di sini dengan tujuan ingin sembuh dari sakitnya. Tapi kalau begini adanya, bisa-bisa orang tambah sakit,” katanya.

Sepengetahuan Hijratul, ada alokasi anggaran untuk penanganan sampah di RSUD. Sehingga masalah sampah medis dan nonmedis bisa diatasi dengan serius. “Kalau sampah medis tentu harus diolah di tempat yang telah disediakan. Begitu juga dengan sampah nonmedis ada tempat penampungnya. Bukan malah dibiarkan berserahkan di halaman,” sorotnya.

Hijratul berharap persoalan sampah di RSUD setempat direspon positif pengelola RSUD Dompu. “Kalau rumah sakit bersih dari sampah tentu akan indah dan nyaman. Semoga masalah sampah ini bisa segera diatasi,” harapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dompu yang didatangi Berita11.com di ruang kerjanya tidak berhasil ditemui lantaran tidak berada di tempat. (RUL)

No comments