Breaking News

Santunan Naik 100 Persen, Hingga September Jasa Raharja Bayar Rp3,6 Miliar

Logo PT Jasa Raharja (Persero)


Kota Bima, Berita11.com— PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Bima NTB mencatat jumlah pembayaran klaim asuransi korban kecelakaan per September 2017 mencapai Rp3,6 miliar, menyusul kenaikan 100 persen nilai santunan yang efektif berlaku pada 1 Juni lalu.

“Tahun ini meningkat karena berlakunya ketentuan baru, tanggungan kita naik jadi 100 persen. Kalau untuk tahun 2016 lalu, klaim asuransi dengan ketentuan lama yang kita bayar Rp2,8 miliar,” kata Pelaksana Tugas (PLT) Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Bima, Abraruddin kepada Berita11.com di PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Bima, Senin (18/9/2017).

Abraruddin menjelaskan kenaikan santunan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara dan PMK No 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“Kalau untuk korban meninggal, biasanya kita tanggung Rp25 juta sekarang sudah Rp50 juta. Begitu pula untuk korban catat, luka-luka dan pengganti biaya perawatan, pertolongan pertama dan menuju fasilitas medis. ketentuan itu sudah kita sosialisasikan,” katanya.

Berdasarkan rekapitulasi pembayaran klaim asuransi dari bulan Januari hingga September, PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Bima telah menyantuni 206 korban kecelakaan kendaraan bermotor sipil dengan nilai tanggungan Rp3.559.929.496 dan Rp109.133.500 untuk 17 korban kecelakaan bus.

Ia menambahkan kenaikan santunan tanpa diikuti kenaikan iuran wajib maupun sumbangan wajib. Kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dari risiko kecelakaan.

“Kita harap dengan berlakunya ketentuan baru ini, masyarakat semakin sadar pentingnya asuransi,” katanya. (ID)

No comments